lihat juga

Tuesday, January 17, 2012

Menguak Rahasia All New Ducati Dari Preziosi

Filipo Preziosi memberikan banyak penjelasan mengenai persiapan motor Ducati, namun beberapa detail akan terungkap seiring dengan berjalannya waktu.

"Dari sudut pandang jurnalis, motor ini tidaklah terlalu menarik. Malahan GP Zero yang digunakan di Valencia sebelumnya lebih terlihat inovatif secara visual. Motornya nanti akan dilengkapi dengan rangka aluminium twin-spar, lengan ayun berbahan carbon fiber, dan secara eksternal akan terlihat seperti model sebelumnya."

Apa yang berbeda pada bagian dalam fairing?

"Sejumlah komponen baru pastinya lebih banyak dari yang kita lihat di Valencia dimana saat di Valencia kami membangun motor dengan menggunakan komponen lama dengan tujuan untuk memahami keuntungan menggunakan rangka twin-spar, sementara komponen lainnya tetap sama. Pada motor baru nanti, komponen lama yang tetap dibawa hanyalah front end dan rear end. Sasis akan berubah, mesin juga berubah, tangki bahan bakar berbeda, dan swingarm baru. Semua dengan tujuan memberikan kita kemudahan untuk memodifikasi setiap parameter kunci dari geometri motor."

Maksudnya dalam hal apa?

"Selama musim lalu, kami telah melakukan serangkaian uji coba yang membimbing kami untuk menyetel motor pada batas maksimum proyek tersebut. Kami tetap menggunakan setelan ekstrim sehingga feedback dari para pembalap kami mampu memberikan petunjuk pada kami. Jadi kami meningkatkan jangkauan setelan kami ke arah yang kami butuhkan. Setelan motor baru nanti akan dimulai dengan pada pertengahan jangkauan tersebut. Bagian yang paling sulit adalah mengetahui yang mana yang bisa membuat motor jadi lebih kompetitif dan mengesampingkan hal lainnya."

Memangnya seperti apa musim 2011?

"Pekerjaan yang sangat sulit, tapi kami telah mengumpulkan banyak informasi disertai dengan program uji coba yang jelas. Semua ini diakhiri dengan debut GPZero di Valencia. Itu merupakan uji coba yang sangat penting sehingga memungkinkan kita untuk menetapkan tujuan proyek untuk motor baru. Para pembalap kami juga akan mencoba GPZero di Sepang nanti, jadi mereka bisa membuat perbandingan."

Kamu merevolusi keseluruhan proyek hanya dalam beberapa bulan. Apakah kamu pernah berfikir kalau kamu itu sangat sibuk?

"Kami menghadapi tantangan yang sangat sulit. Untuk memperoduksi motor dari konsep hingga balapan pertama biasanya memakan waktu 2 tahun, tapi jadwal kami berbeda karena kebutuhan dan kami percaya diri kalau itu akan berhasil. Ini adalah pilihan yang berani, tapi tidak mustahil dan Ducati telah memperlihatkan kalau mereka bisa melakukannya."

Apakah motor yang digunakan di Sepang nanti juga versi laboratorium?

"Tidak, aku harapkan ini akan menjadi model dasar, walaupun kami tetap akan memberikan beberapa update komponen selama berjalannya musim balap, tapi tidak ada yang terlalu radikal. Selama uji coba musim dingin ini kami harus menetapkan dasar yang solid, jadi kami tidak perlu menggunakan balapan sebagai sesi latihan seperti yang tahun lalu kami lakukan. Dari sudut pandang ini, regulasi membantu kami dengan memberikan tambahan hari uji coba dengan pembalap pabrikan."

Apakah tim satelit akan memulai musim 2012 ini dengan motor baru ataukah dengan GPZero?

"Sebagaimana filosofi kami, kami akan memberikan motor yang pastinya berfungsi dengan baik. Jadi mereka akan memulai musim dengan menggunakan GPZero walaupun dengan beberapa modifikasi."

Pekan depan akan ada uji coba di Jerez dengan Franco Battaini dan Carlos Checa. Nah, motor manakah yang akan mereka kendarai?

"Mereka akan menggunakan motor yang paling menarik."

Ini artinya motor baru Ducati akan dijajal oleh Battaini dan Checa di Jerez. Semoga motor ini memiliki performa yang yahud. Kita tunggu komentar dari kedua test rider ini.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:30 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf