lihat juga

Tuesday, October 16, 2012

Manfaat Pepaya untuk kesehatan

Pepaya adalah buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Rasanya yang manis dan terasa adem di tenggorokan membuat jenis buah-buahan ini banyak digemari oleh sebagian kalangan. Selain dari rasanya yang enak dan manis ternyata pepaya memiliki banyak sekali manfaat khususnya bagi kesehatan.


Pepaya pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah dunia di Amerika Serikat yaitu Christoper Colombus. Bahkan saking lezatnya buah tersebut Colombus sampai menyebut buah pepaya sebagai buah-buahan yang datang dari malaikat.

Bagi sebagian orang mengenal pepaya dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. Selain dari manfaat itu, apakah ada manfaat lain? Tentu saja ada banyak sekali manfaat pepaya selain memperlancar pencernaan kita.

Buah pepaya sangat kaya akan kandungan enzim, vitamin, maupun mineral. Nutrisi di dalam buah bernama latin Carica Papaya ini antara lain antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam pepaya inilah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri, sehingga menyebabkan hipertensi.

Sementara nutrisi dalam pepaya juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung (kardiovaskular) hingga mencegah kanker. Buah ini juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, kandungan enzim papain pada buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh.

Selain dari manfaat di atas, mungkin masih ada banyak sekali manfaat lain dari buah ini. Bukan hanya daging pepaya yang sering kita konsumsi yang memiliki banyak sekali khasiat tetapi juga bijinya. Malah biji pepaya memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding dengan daging pepaya.

Selain daging buah dan biji, ternyata daun pepaya juga memiliki banyak khasiat lho? Yaitu:

1. sebagai obat jerawat
Masker dari daun pepaya dapat digunakan untuk menagtasi keluhan seperi jerawat pada wajah, hingga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya, sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur dan lumatkan dengan setengah sendok air hingga halus. Masker kemudian dapat ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

2. menambah nafsu makan
Di balik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki manfaat untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Caranya, blender daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, dengan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi diperas dan disaring airnya untuk diminumkan. Niscaya nafsu makan anak Anda akan segera normal.

3. memperlancar pencernaan
Daun pepaya juga baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya. Caranya, daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:26 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf