lihat juga

Wednesday, October 17, 2012

Kini MotoGP dan World Superbike Berada di bawah Satu Payung

Bridgepoint telah mengumumkan bahwa Dorna Sports dan Infront Sports and Media telah mencapai kesepakatan untuk membawa MotoGP dan WSBK akan berada di bawah satu payung organisasi, yaitu Bridgepoint yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh Dorna sejak tahun 2006. Dengan perubahan ini, maka pada masa yang akan datang MotoGP dan WSBK akan terintegrasi di bawah grup Dorna Sports, namun tetap diatur sebagai event yang terpisah.

Saat ini kedua seri memiliki sama-sama menggunakan mesin 1000cc, namun MotoGP yang dimulai sejak 1949 dikhususkan untuk prototype grand prix, sementara WSBK yang dimulai sejak 1988 dikhususkan berbasis motor produksi. Tujuan dari akuisisi ini untuk mengembangkan dan memberikan perbedaan karakteristik di kedua seri dan tetap menjadi pemimpin di arena balap motor road race, dengan WSBK tetap berfokus pada balapan berbasis mesin produksi, sementara MotoGP berfokus pada balapan prototype. Dengan demikian, kedua kejuaraan akan mendapatkan keuntungan dari strategi pemasaran dan strategi komersial bersama. Infront ditunjuk sebagai mitra pemasaran dan penasihat global untuk kedua kejuaraan.


Presiden Infront Sports, Philippe Blatter, memberikan komentar atas akuisisi Infront Sport oleh Bridgepoint.


"Di bawah struktur yang baru, kedua pimpinan event balap motor saat ini mengalami perkembangan yang berkesinambungan. Situasi win-win benar-benar telah diciptakan. Dorna dan Infront sekarang bisa lebih memperkuat dan berfokus pada core kompetensi mereka. Selain itu juga mereka bisa mencapai posisi pimpinan pada area keahlian spesifik mereka."

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports juga menambahkan:

"Kami sangat senang memiliki dua seri road race motor berada di bawah satu atap. Kita juga sangat mengharapkan akan pengembangan dan memperkuat perbedaan karakter antara MotoGP dan WSBK dengan sifat dasar yang berbeda dan tetap berkomitmen untuk bekerja bersama tim, pabrikan, pemilik sirkuit, sponsor dan penyiar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi fans."

Dengan kedua kejuaraan yang dijalankan oleh organisasi yang sama, maka perubahan yang lebih besar pada peraturan teknis bisa dilakukan untuk membuat perbedaan yang jelas di antara mereka. Hal ini juga seharusnya bisa membantu Dorna untuk lebih mengaplikasikan rencana pemangkasan biaya yang lebih radikal untuk MotoGP, tanpa takut WSBK mengambil alih pimpinan. Sebagai contoh, jika MotoGP mengawasi elektronik dengan ketat, logikanya WSBK juga harus melakukan hal yang sama, sehingga MotoGP tetap bisa mempertahankan keunggulan teknologinya. Usaha untuk menyelesaikan masalah CRT juga bisa dilakukan, dimana prototype yang menggunakan mesin superbike bisa membalap sebagai tim satelit MotoGP. Sebab pada saat ini, performa mesin CRT lebih rendah daripada WSBK, karena keterbatasan perubahan mesin di kelas MotoGP.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:26 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf