lihat juga

Tuesday, October 2, 2012

Kesalahan yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Online Shop


KEsalahan yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Online Shop | KEsalahan yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Online Shop | KEsalahan yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Online Shop.

Bisnis online shop kini semakin digemari. Apakah Anda tertarik untuk melakukan usaha serupa? Cerita dari pemilik online shop belowcepek.com, Riana Bismarak bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mulai membuka toko di dunia maya.

Riana mengawali bisnisnya pada 24 November 2011. Dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai Corporate Director di sebuah waterpark setelah online shopnya tersebut memiliki lebih dari 10 member di Facebook.

Konsep online shop Riana cukup unik yaitu menjual baju-baju produksi dalam negeri dengan harga tidak ada yang melebihi Rp 100 ribu. Saat baru memulai bisnis tersebut, kesulitan yang dirasakannya adalah untuk meyakinkan ke masyarakat bahwa produk Indonesia ada yang bagus dan harganya tidak terlalu mahal.

"Stigma kalau beli di online shop itu, siap-siap bakal kecewa. Kalau lihat yang murah, ini pasti barangnya jelek," tuturnya..

Riana memastikan busana-busana yang dijual di online shopnya menggunakan bahan yang cukup berkualitas. Menurutnya jangan sampai ketika ingin membangun bisnis, Anda hanya memikirkan untung saja, sehingga tidak memikirkan kualitas dan menipu pembeli.

Wanita lulusan sekolah perhotelan itu melakukan banyak riset demi mendapatkan busana yang memang layak dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu. "Saya sudah punya kontrak dengan home industry, ada 10," katanya.

Riset inilah yang di mata Riana tidak banyak dilakukan orang. Kebanyakan orang yang mau membuka usaha, memilih jalan cepat dengan mencontek ide orang lain tanpa mencoba menemukan konsep sendiri yang orisinil.

Selain kurangnya riset, kesalahan lainnya yang kerap dilakukan orang ketika akan berbisnis online shop adalah menyerahkan semuanya ke pihak web master. "Web master itu ibaratnya cuma kontraktor, yang gambar harusnya kita, tokonya mau seperti apa, tampilannya bagaimana," jelas Riana.

Menurut pengusaha muda kelahiran 5 Juli 1976 itu, saat akan membuka online shop, Anda seharusnya sudah memiliki konsep sendiri. "Harusnya kita bisa ngegambar, research, cari apa yang beda," tukasnya.

Setelah situs online shop itu mulai berjalan, yang juga kadang dilupakan oleh pengelolanya adalah mempromosikan tokonya tersebut. "SEO friendly nggak. Google kan ada bahasa dewanya. Banyak banget online shop yang nggak certified by google. Make sure kamu certified," sarannya.

Sekian tentang KEsalahan yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Online Shop, semoga bermanfaat

Sumber detik

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:36 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf