lihat juga

Friday, October 12, 2012

7 Manfaat Mandi dengan Air Dingin


7 Manfaat Mandi dengan Air Dingin - Ada banyak orang yang takut mandi air dingin di pagi hari. Mereka pun memilih menggunakan air panas sebagai penyiram air bagi tubuhnya. Namun tahukah anda ternyata mandi dengan air dingin memiliki banyak sekali manfaat dibandingkan jika mandi dengan air panas.

Mandi dengan air dingin di pagi hari selain bisa memberikan kesegaran yang sangat fresh juga bisa memperlancar proses metabolisme, mencegah cedera pasca olahraga dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh. Jika anda adalah orang yang hobi mandi air panas di pagi hari, segera ubah kebiasaan anda untuk mandi dengan air dingin saja. Berikut adalah 7 manfaat mandi dengan air dingin :

1. Kesuburan pria

Mandi dengan air dingin bisa meningkatkan jumlah sperma bagi pria, sebaliknya jika anda sering mandi dengan air panas maka bisa mengurangi produksi sperma bagi tubuh anda. Jika anda sedang merencanakan kehamilan isteri segera lakukan kebiasaan mandi pagi dengan air dingin.

2. Sirkulasi darah meningka, dapat menghilangkan racun

Pada saat air dingin memberikan kontak pada permukaan kulit, pada saat yang sama secara otomatis mekanisme tubuh meningkatkan tekanan darah dan menargetkan jaringan. Hal ini mengakibatkan darah beredar dengan dorongan ekstra menuju ke seluruh tubuh.

3. Meningkatkan metabolisme

Pada saat anda menggigil menandakan tubuh anda sedang menghangatkan diri. Ini artinya tubuh berusaha menghasilkan panas. Pada saat inilah metabolisme tubuh bekerja lebih cepat, sehingga terjadi pembakaran karbohidrat dan lemak dalam tubuh pada saat anda menggigil kedinginan.

4. Membangun kekebalan tubuh

Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh,  mandi dengan air dingin juga bisa membangun kekebalan tubuh. Pada saat anda mandi dengan air dingin maka secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas dan pada saat itulah kekebalan tubuh disegarkan sehingga dapat melepaskan sel darah putih.

5. Menghindari cedera olahraga

Disaat tubuh anda meregang seusai melakukan olahraga, otot-otot biasanya akan berkontraksi dan melebar. Dengan mandi air dingin bisa mencegah cedera setelah berolahraga.  

6. Mengurangi nyeri

Selain beberapa manfaat di atas, ada beberapa manfaat lain dari mandi dengan air dingin yaitu mencegah nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan kulit edema, menyembuhkan dan mengatur sistem saraf otonomik. 

7. Air dingin dan irama tubuh

Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.    

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:18 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf