lihat juga

Friday, June 10, 2011

Cara mengurangi pemanasan global

Bukan basa basi kita sering dengar soal kerusakan lingkungan. Bumi tempat tinggal kita udah emang mulai rusak. Kalau kerusakan bumi terus berlanjut, maka bumi kita ini tidak akan layak dihuni lagi. Berikut ini cara untuk mengurangi kerusakan lingkungan.

1. Kurangi, Pakai ulang, Daur ulang

Istilah kerennya yaitu reduce, reuse, recycle. Reduce contohnya saat belanja di supermarket atau mini market. Biasanya pakai lima atau tiga plastik buat belanjaan, kini cukup satu , jika terpaksa dua. Reuse misalnya menggunakan kembali kertas, plastik , koran, gelas dan kaleng aluminium setelah dipakai. Recycle contohnya koran bekas dijadikan bubur kertas setelah tintanya dibuang.

2. Hemat AC ( Air Conditioner )



Pakailah AC seperlunya saja, udara dingin dapat didapat dengan membuka jendela. Jika emang masih panas, pakai saja kipas angin yang lebih hemat listrik.

3. Gunakan lampu ulir



Ganti lampu biasa dengan lampu yang berbentuk spiral atau ulir. Lampu jenis ini lebih hemat energi karena panas yang dihasilkan berkurang sampai 70% .

4. Kurangi memakai mobil

Untuk menyelamatkan lingkungan kita bisa saranin pada orang tua untuk kurangi pemakaian mobil. Kalau jarang dipakai, bakal kurangi emisi dan juga hemat bahan bakar.

5. Beli barang barang hemat energi

Jika ortu mau beli mobil , saranin yang hemat energi. Dan juga peralatan rumah tangga semisal lampu tadi.

6. Kurangi pemakaian air panas

Kalau do rumah ada air panas untuk mandi, kurangi pemakaiannya. Tetapkan suhu pada 120 derajat.

7. Pakai "Off Switch"

Cara paling baik untuk menghemat listrik adalah dengan mematikan listrik jika keluar ruangan. Pakai lampu secukupnya saja, jangan semua lampu dinyalain. Matikan TV yang tidak ditonton, matikan semua konsol game , komputer jika tidak dipakail.

8. Menanam pohon

Menanam pohon diawali dengan menggali tanah. Pohon dan tanaman menyerap karbondioksida yang berbahaya dan menghasilkan oksigen yang baik bagi lingkungan. Semakin banyak pohon, maka semakin sehat lingkungan kita.

Okey~ . Sekian tips agar mengurangi pemanasan global.

sumber : majalah Xy-Kids

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:17 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf