lihat juga

Thursday, June 2, 2011

Bridgestone: "Catalunya Cukup Menantang!"

Dengan delapan tikungan kanan yang kebanyakan cepat dan mengalir, Catalunya merupakan sirkuit yang menuntut konsistensi bagian kanan ban belakang. Temperatur ban belakang yang tinggi  terjadi karena motor menikung dengan waktu yang lama ke arah kanan pada tikungan ketiga dan pada ketiga tikungan terakhir. Terutama pada tikungan ketiga karena ada pendakian, sehingga pembalap harus membuka gas lebih awal untuk mendapatkan momentum.

Keluar tikungan terakhir dengan cepat merupakan hal yang penting untuk bisa mendapatkan top speed di sirkuit dengan main straight sepanjang 1 km ini, pastinya pembalap akan berakselerasi dari tengah tikungan untuk mengembangkan kecepatan mereka. Sebaliknya, hanya ada lima tikungan kiri yang umumnya merupakan tikungan lambat dan tidak begitu membebani bagian kiri ban.

Dengan kondisi seperti ini pasti kita sudah bisa menebak kalau Bridgestone pasti akan membawakan pake ban asimetris dengan komponen lebih keras pada sisi kanan ban agar dapat mengimbangi layout sirkuit. Kali ini Bridgestone akan memberikan komponen Medium ataupun Hard yang keduanya dilengkapi dengan komponen Soft pada sisi kiri ban. Setelah mendapatkan input dari banyak pembalap pada musim lalu, kini Bridgestone membuat komponen ban belakang setingkat lebih lembut daripada pada tahun sebelumnya.

Sirkuit Montmelo ini memang cukup keras bagi ban depan, terutama pada bagian kanan ban yang disebabkan oleh layout sirkuit tapi beban yang diterima oleh pusat ban pada saat mengerem cukup rendah karena kondisi Catalunya yang cepat dan mengalir. Untuk ini Bridgestone memilih komponen Medium dan Hard yang sebelumnya digunakan di Jerez. Jika nanti terjadi hujan, Bridgestone akan memberikan ban basah berkomponen Hard yang pertama kalinya diperkenalkan pada musim ini.

Hirohide Hamashima selaku Asisten Direktur pada divisi pengembangan ban memberikan penjelasan.

"Catalunya merupakan sirkuit yang lembut tapi memiliki kecepatan tinggi yang menghasilkan temperatur tinggi pada bahu kanan ban karena kebanyakan adalah tikungan kanan. Tikungan ketiga dan bagian akhir lap menyebabkan tingginya temperatur ban dan membuat Catalunya menjadi salah satu sirkuit tersulit untuk ban belakang kami. Hanya ada lima tikungan kiri yang menyebabkan ketidak seimbangan pada temperatur kanan dan kiri pada bahu ban belakang. Jadi karena hal inilah kami memilih ban belakang asimetris untuk menyeimbangkannya. Ini adalah salah satu peran utama ban kami karena kami harus berhati-hati dalam memilih kombinasi komponen pada ban asimetris kami untuk menyamakan ketidakseimbangan pada setiap sirkuit agar dapat memberikan catatan waktu yang konsisten pada setiap putaran. Kami telah mendengarkan masukan dari para pembalap pada tahun lalu bahwa dari sudut pandang grip, komponen Extra Hard tidak diperlukan. Kami menganalisa data balapan tahun lalu dengan hati-hati serta pemilihan ban yang dilakukan pada tahun lalu, sehingga kami memilih untuk membuat ban lebih lunak pada thun ini."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:42 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf