lihat juga

Tuesday, January 25, 2011

Detik-Detik Menuju Musim 2011

Saat ini semua pembalap sedang menanti selesainya waktu larangan uji coba. Sembari menanti mereka mengisi hari dengan beragam aktifitas. Juara dunia baru MotoGP, Jorge Lorenzo, bersantai sambil melakukan scuba diving di Bali dan dia berlibur di Bali hingga akhir bulan ini. Lorenzo baru saja menyelesaikan tur promosi Yamaha di Indonesia, pastinya dengan tetap berada di wilayah yang panas ini, Lorenzo akan terbiasa saat uji coba awal Februari nanti. Let's wait and see!

Uji coba di Sepang nanti akan sangat penting bagi setiap pabrikan. Mari kita tela'ah yuk! Yamaha harus melanjutkan pengembangan M1 mereka setelah ditinggalkan oleh Valentino Rossi dan kali ini mereka akan melakukannya untuk yang pertama kali tanpa feedback dari The Doctor. Untuk Ducati, uji coba ini juga penting karena juara dunia sembilan kali yang baru bergabung hanya memiliki sedikit waktu untuk menjajal GP11 sebelum mulai musim ini. Bagi Honda, susunan pembalap 2011 yang terdiri dari Stoner, Pedrosa, Dovizioso dan Simoncelli menyiratkan bahwa salah besar jika mereka tidak bisa merebut gelar juara dunia tahun ini. Sementara itu, tidak ada yang perlu didiskusikan mengenai Suzuki yang hanya menurunkan Bautista. Hal ini sama seperti usaha yang kurang dari Suzuki dalam kejuaraan WSBK.

Uji coba di Sepang juga akan bernilai penting bagi tim satelit walaupun sayangnya mereka semakin diperbudak oleh pabrikan. Pada dasarnya, dengan menerima dana dari Dorna dan mendapatkan dukungan dari pabrikan, mereka hanya memiliki sedikit andil dalam keputusan yang diambil dan pastinya ini bukanlah hal yang baik.

Situasi secara keseluruhan tidaklah lebih baik. Buktinya adalah fakta bahwa tidak satupun pabrikan besar, baik Yamaha ataupun Honda yang melakukan promosi pada tahun ini. Kelihatannya mereka hanya akan melakukan presentasi mengenai tim mereka di Malaysia nanti. Tentu tidak ada keharusan untuk menghabiskan uang seperti yang telah dilakukan oleh Marlboro berserta Ducati di Madonna di Campiglio untuk acara Wrooom, tapi menghilang dari bulan November hingga bulan Februari tahun berikutnya kelihatannya bukanlah pilihan yang bagus. Pastinya hal ini tidak memberikan celah untuk meratapi kurangnya sponsor.

Bagi Yamaha, untungnya ada pembalap muda seperti Lorenzo untuk membereskan hal-hal kecil seperti ini, seperti adanya sponsorship dengan pakaian selam Scubapro, sehingga tulisan Yamaha dan slogannya muncul pada baju selam yang dipakai oleh Lorenzo. Ini merupakan kontribusi walaupun sebenarnya dunia balap motor ini membutuhkan dukungan yang lebih besar dari yang ada sekarang ini. Bahkan seharusnya FIM mengambil bagian dalam mempromosikan kejuaraan ini.

Sejarah terbaru memperlihatkan kita bahwa setelah Rossi mengalami kecelakaan di Mugello, MotoGP tidak bisa meletakkan seluruh beban ini di pundak Valentino. Ya, di pundak Valentino Rossi.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 11:52 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf