lihat juga

Friday, October 19, 2012

Understeer, penyakit turunan Ducati menghambat Rossi

Sesi latihan bebas pertama berjalan pada kondisi normal dan Desmosedici yang dipacu Rossi tertinggal 1,6 detik dari Pedrosa yang memimpin. Jelas hal ini bukan pertanda bagus untuk balapan besok. Masalahnya masih sama dan itu-itu saja, understeer. Karakter sirkuit Motegi Jepang sangat berbeda dengan sirkuit Sepang Malaysia, sehingga setup yang dibawa dari Jepang praktis menimbulkan masalah di sini.

Berikut komentar dari The Doctor.

"Hari ini tidak terlalu bagus untuk kita. Pagi ini aku lebih lambat daripada yang aku kira karena kami menggunakan modifikasi besar-besaran yang kita lakukan untuk meningkatkan grip ban belakang saat akselerasi di Jepang yang merupakan kemajuan. Kami mencoba menggunakan setup tersebut, namun tidak bekerja dan aku memberikan lebih banyak masalah. Aku kehilangan banyak waktu pagi ini dan aku tidak secepat yang aku inginkan. Akhirnya aku hanya berkendara dengan ban lama untuk bisa lebih cepat. Siang ini kami ingin mencoba setting normal, tapi ternyata hujan dan sulit untuk memahami keadaan."

"Kita harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi, terutama dengan ban, karena aku cukup khawatir. Nicky telah mencoba ban hard pagi ini, seperti biasanya ban hard sangat sulit digunakan. Aku mencoba melakukan 18 lap dengan ban soft, walaupun tidak sekaligus, namun pada akhirnya malah menjadi masalah besar karena ban terlalu lembut. Aku harap kita bisa menggunakan ban hard untuk balapan dan kondisi trek meningkat untuk ban hard, karena lebih banyak grip dan lebih sedikit sliding membuat ban bisa bertahan lebih lama. Besok kami akan mencoba setting yang lebih normal dan kita lihat bagaimana hasilnya."

"Aku kehilangan banyak waktu di T5, T3 dan pada bagian akhir sebelum back straight. Aku mengalami understeer yang parah karena harus mendorong kemudi dengan lebih banyak beban di bagian belakang motor pada saat berada di tikungan panjang. Kondisi trek sangat buruk saat hujan karena kamu selalu harus mulai dari tingkat grip yang rendah dan mengalami banyak chattering. Aspalnya mulai usang dan jika kamu bisa latihan dua atau tiga hari berturut-turut tandap turun hujan, maka kamu bisa meningkat dengan pesat."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:57 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf