lihat juga

Thursday, October 25, 2012

Tips Mengatasi Bau Badan

Tips mengatasi bau badan dengan metode ramuan tumbuh-tumbuhan tradisional di sekitar kita. Ramuan herbal selain aman dikonsumsi juga tanpa memberikan sebuah efek samping bagi pnggunnya.

Setiap hari kita melakukan banyak sekali aktifitas, mulai dari berjalanan, berlari, berpikir, dan sebagainya. Semua aktifitas tersebut memakan energi kalori yang cukup banyak dari tubuh kita. Kalori yang dibakar tubuh akan dikeluarkn salah satunya melalui keringat. Keringat yang dikeluarkan tubuh kadang menyebabka bau badan yang begitu menjengkelkan. Bau badan tersebut kadang membuat kita tampil tidak percaya diri.

Penyebab bau badan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor keturunan, kebersihan badan, kelebihan berat badan, faktor hormon, dan perkembangan mental. Pola hidup yang tidak teratur bisa juga menyebabkan bau badan oleh karenanya kita harus bisa menjaga kebersihan badan seperti mandi minimal 2 kalisehari dan mengatur pola makan.

Berikut adalah Tips Cara mengatasi bau badan dengan metode yang alamiah, aman dan menyehatkan :

1. Jeruk Nipis.
Air jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih digosokan kepada bagian tubuh tertentu secara merata seperti ketiak untuk mengurangi bau badan.

2. Daun Sirih
Selain jeruk nipis anda juga bisa memanfaatkan daun sirih utuk membantu menghilangkan bau badan. Caranya dengan menghaluskan daun sirih secukupnya dicampur dengan sedikit kapur kemudian oleskan ke ketiak.
Daun sirih mengandung zat-zat yang terbukti ampuh menghilangkan bau badan tak sedap yang di akibatkan oleh baktei adn jamur. Tumbuhan ini mengandung sebuah minyak yang disebut minyak asiri yang didalamnya terdapat kandungan kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.

3. Cengkeh
Caranya dengan merendam beberapa kuntum bunganya kemudian di rebus dan airnya diminum. Bisa juga ditambahkan gula merah dengan air sedikit hangat agar terasa lebih nikmat.

4. Temulawak
Temulawak mengandung zat kimia penghilang bau badan seperti sapomin, flavoinoida dan minyak asiri. Caranya dengn merebus rimpang temulawak yang sudah dipotong-potong halus. Air perasan temulawak yang sudah diparut bisa juga tambahan sedikit madu dan dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari tubuh.
Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Daun Beluntas
Tanama khas ini memiliki bau seperti langau dan rasanya yang getir. Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi vitamin A & C.
Daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui).

6. Ketimun
Buah ketimun dikups kulitnya lalu dari sayatannya tersebut bisa digosokan ke area tubuh yang berbau setelah selesai mandi.

7. Daun Kemangi
Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan menfaat daun ini juga digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap yang juga mentah. Daun kemangi juga mengandung zat yang meningkatkan selera makan. Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, jika mengkonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid akan terhindar dari bau tidak sedap yang sering menimpa perempuan hadi.

8. Daun kecombrang
Masak daun kecombrang lalu gunakan sebagai makanan lalap teman nasi. Disebagian daerah daun combrang sering digunakan sebagai sayur lodeh. Daun combrang mengandung zat-zat pengusir bau seperti sapomin, flavoinoida dan polifenol.

9.  Jahe
Jahe dipercaya oleh orang-orang India karena khasiatnya sebagai penghilang bau dan pendatang rasa wangi dari tubuh. Wedang jahe dikonsunsi secara teratur bisa membantu meghilangkan bau badan.

10. Jeruk purut
Jerut purut juga salah satu buah yang mengandung minyak asiri pada kulitnya. Caranya peras kulit jeruk purut dan campurkan dengan air beserta sebatang kencur secukupnya.
 

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 12:01 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf