lihat juga

Friday, October 26, 2012

Fitur-Fitur Baru di BlackBerry 10 Kejutkan Developer

Fitur-Fitur Baru di BlackBerry 10 Kejutkan Developer

BlackBerry 10 disebut-sebut sebagai senjata andalan RIM untuk bisa meraih kembali pasarnya yang hilang. Munculnya Android dan semakin menguatnya iPhone di pasar smartphone tak dipungkiri menjadi salah satu faktor larinya pengguna BlackBerry di daratan Amerika.

Namun barangkali pemberitaan tentang ‘jatuhnya’ RIM terlalu dibesar-besarkan. Faktanya, RIM memiliki pengguna aktif dalam kisaran angka 80 juta. Pelanggan BBM juga meningkat hingga mencapai angka 60 juta sementara pengguna aplikasi Facebook di BlackBerry juga tercatat 60 juta orang, seperti diungkap Liron Segev dalam blog miliknya.

Di tengah ramainya kritik tajam pada BlackBerry, RIM terus berjuang untuk memberikan hal baru di BlackBerry OS 10. Mobile platform terbaru RIM tersebut rencananya akan dirilis pada kuartal pertama 2013 melalui rilis sejumlah BlackBerry 10 smartphones. Untuk model pertama, RIM tampaknya akan merilis model full touchscreen BlackBerry 10.

Segev mencatat bahwa RIM telah melakukan perombakan besar-besaran di BlackBerry 10. BlackBerry 10 Jam yang diselenggarakan di berbagai negara menguak fitur-fitur canggih yang akan diberikan RIM di BlackBerry 10. Para developer aplikasi BlackBerry juga menemukan fitur-fitur baru yang memudahkan membaca kode dan meningkatkan efisiensi serta kenyamanan dalam mendesain dan mengedit sebuah aplikasi untuk BlackBerry 10.

Beberapa perubahan yang dijumpai developer dalam BlackBerry 10 meliputi:

1. Aplikasi inti di BlackBerry 10
- Software update baik untuk simulator BlackBerry dan BlackBerry 10 Dev Alpha kini mengikutsertakan aplikasi inti BlackBerry; message center, contacts, calendar dan BBM.
- Developer sekarang sudah mulai bisa mengembangkan aplikasi dengan fitur BBM enabled untuk BB10 smartphone.

2. Pengenalan Native plug-in (C/C++) untuk Microsoft Visual Studio
- Dengan Native plug-in tersebut developer akan bisa menggunakan tools yang ada di Microfot Visual Basic untuk port game buatan mereka baik di BlackBerry PlayBook maupun di BlackBerry 10 smartphone.

3. Updated Ripple Simulator
- Terdapat dukungan tambahan untuk perangkat BlackBerry 10 dan API emulation
- Ripple kini menawarkan Adobe Cordoba (PhoneGap); merupakan support terbaik yang saat ini ada di web simulator.

Dengan semua kemudahan yang diberikan RIM tersebut, developer semakin bergairan untuk mengembangkan bermacam aplikasi untuk BlackBerry 10 devices. Jangan heran jika nanti akan muncul banyak kejutan berupa fitur-fitur canggih yang bisa Anda temukan di BlackBerry 10 smartphone saat rilis tahun depan

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:25 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf