lihat juga

Tuesday, March 27, 2012

Seagate Siapkan Hard Disk Berkapasitas 60 Terabit

Siapa yang tidak kenal Seagate? Perusahaan teknologi terbesar asal Amerika yang memproduksi hard disk drive ini kembali berinovasi dengan teknologi barunya yang dikenal dengan Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR). Teknologi baru ini akan menggantikan teknologi Perpendicular Magnetic Recording (PMR) yang saat ini lazim digunakan. Dengan teknologi baru ini, akan diperoleh kapasitas penyimpanan data 1 Terabit per inchi persegi piringan hard disk.

Kita tahu kalau penerapan teknologi HAMR secara umum akan membutuhkan waktu. Hard disk pada generasi ini telah mencapai batasnya, dimana hard disk berukuran 3,5" berteknologi PMR hanya bisa menawarkan kapasitas maksimum sebesar 3 Terabit atau 750 Gigabit untuk hard disk berukuran 2,5".


Seagate mengklaim bahwa dengan teknologi baru ini bisa membuat hard disk dengan kapasitas yang lebih besar. Secara teoritis dalam 1" bisa menampung 10 Terabit, artinya dalam satu unit hard disk berukuran 3,5" bisa memiliki kapasitas 60 Terabit. Seagate memperkirakan hard disk dengan teknologi baru ini akan hadir di pasaran dalam beberapa tahun ke depan, sementara untuk hard disk berkapasitas 60 Terabit akan diproduksi secara masal dalam satu dekade ke depan.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:40 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf