Ciri dan Jenis Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi Blackberry di seluruh Indonesia
Membeli Unit Blackberry baru hampir setiap orang bisa melakukannya asal memiliki dana yang cukup,.. datang ke Counter Hp, Tanya ini itu, Pilih model… transaksi …. beres. Apakah memang demikian ? Ya, jika anda ingin praktis. tapi sebenarnya ada yang harus diperhatikan jika anda tidak ingin Blackberry anda berpotensi bermasalah dikemudian hari . Yaitu anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
PIN dijamin aman tidak suspended di kemudian hari, Unit dan aksesoris seperti Baterai, charger, handset asli / original , Unit BB dijamin berfungsi normal 100%, Penggantian Unit baru jika Unit rusak bukan kesalahan pemakaian selama masa Garansi, Memilih Distributor resmi yang memiliki tempat service memuaskan dan tersedia spare partnya dan kalau bisa tentunya harganyapun bersahabat.
Nah… untuk mendapatkan hal diatas paling mudah membeli BB dari operator ponsel yang bekerja sama dengan RIM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis atau Smart tapi jika anda tidak ingin demikian perhatikan hal berikut saat membeli BB di toko / counter ponsel :
1. Pilihlah penjual yang berani bertanggung jawab saat anda bertanya :” PIN aman kan? dan Semua aksesoris original? jika tidak saya kembalikan yang tidak original (terutama batre)” ? jika penjual berani menjamin belilah… jika tidak cari toko/ counter lain masih banyak kok.
Dari pengalaman saya dan berbagai informasi yang saya dapatkan, yang paling sering ditukar dari unit lengkap Blackberry adalah : BATERAI, Penukaran baterai oleh penjual bisa terjadi pada BB dari Distributor resmi maupun nggak resmi , Plastik pembungkus Dus Blackberry ini bisa disobek batre diganti dan dibungkus plastik baru lagi, yang paling gampang untuk mengetahui baterai asli dari Distributor atau sudah ditukar oleh penjual, Perhatikan adanya sticker dari Distributor yang ditempel pada Baterai. Jika TAM ya sticker TAM, Jika SS ya sticker SS dst..
Jika baterai tidak ada sticker minta garansi baterai dari penjual jika penjual tidak mau menukarnya dengan baterai bersticker Distributor.
2. Pilih Distributor resmi yang dipercaya. Pada umumnya hampir semua penjual BB menawarkan pilihan garansi : TAM, SS, Comtech/Trikomsel, Berryndo, Bless atau Garansi toko. Mana yang terbaik? Menurut saya yang terbaik adalah yang memberikan Garansi sesuai/ mendekati standard RIM atau paling tidak pilih Distributor yang tidak banyak mendapat komplain di surat kabar maupun di internet karena salah satu Distributor resmi Blackberry ditenggarai sering mendapat komplain dari user yang mengalami masalah pada Blackberrynya tapi tidak menggubrisnya anda akan kecewa berat jika mengalaminya. untuk mengetahuinya bisa baca di Surat Pembaca harian manual / digital Kompas atau Detik.com
3. Coba tes semua fungsi unit BB saat anda membeli terutama seperti : Tes charger, Tes otomatis lampu keyboard nyala saat sensor cahaya di atas kanan layar ditutup, tes bicara ditelpon/ menelpon, tes tombol keyboard semua tombol yang ada pada unit anda tekan dan tes fungsinya , tes BB untuk foto, tes Handsfree dan Bluetooth
4. Lihat PIN dan IMEI BB pada box BB, Cocokkan PIN dan IMEI unit BB dengan Dus dan kartu garansi harus sama, serta Vendor ID untuk mengetahui dari operator atau Distributor mana vendor berasal. Untuk mengetahuinya tekan tombol keyboard BB secara bersamaan yaitu tombol : Alt + Shift (aA) dan H maka akan terlihat PIN, IMEI , App. Version, Plattform dan Vendor ID.
Vendor ID :
186 Telkomsel
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
Adapun Ciri dan Jenis Garansi resmi maupun yang tidak resmi Blackberry di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor ), Garansi Distributor Non RIM dan Garansi Toko.
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
Adapun Ciri dan Jenis Garansi resmi maupun yang tidak resmi Blackberry di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor ), Garansi Distributor Non RIM dan Garansi Toko.
1. Garansi Resmi RIM
Blackberrry dikatakan mempunyai Garansi Resmi jika Blackberry tersebut mendapat garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia RIM memberikan hak Garansi resmi kepada Operator ponsel di Indonesia seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat dan Smart dan Distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint selaku Distributor Global Blackberry yaitu Teletama Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan PT. Comtech / Trikomsel Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry baru bisa dikatakan bergaransi Resmi dari RIM karena ketentuan standard garansi Internasional RIM seperti penggantian unit baru bisa diberikan jika Unit BB baru yang diberikan PIN mengalami Suspended atau rusak karena factor dari Pabrik. Jadi pemegang Garansi resmi Blackberry / BB dari RIM di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
- Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
penjelasan tentang Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini dapat dipertanggung jawabkan karena dirilis secara resmi di website Blackberry Indonesia yaitu di (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp). Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry menginformasikan yang berbeda anda dapat mengoreksinya.
Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi RIM Operator dan Garansi RIM Distributor adalah:
- Ponsel BB garansi RIM operator penggunaannya dibatasi hanya satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai oleh berbagai jenis operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat , Tree atau Smart
- Ponsel BB garansi RIM operator hanya memiliki beberapa type ponsel BB tertentu saja tidak semua type dan biasanya jika ada model baru harus indent terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent.
- Ponsel BB garansi RIM operator terdapat Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor hanya terdapat di box, body dan kartu garansi saja.
- Ponsel BB garansi RIM operator jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor jika rusak biasanya diperbaiki jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali paling sering adalah diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs
- Ponsel BB garansi RIM operator relatif lebih mahal dari Garansi RIM Distributor
Sedangkan persamaannya adalah :
Garansi PIN seumur hidup mencakup spare part dan service, aksesoris original, Box ponsel BB terdapat logo operator atau Distributor Resmi RIM ybs beserta ijin dari DirJenPosTel/ DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal dari garansi non Rim dan Garansi Toko, Lama Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini adalah 2 tahun info disini
2. Garansi Distributor non RIM
Garansi Distributor non RIM adalah garansi yang tidak standard dan diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia) tapi garansi ini hanya diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry ke Indonesia dan mempunyai ijin resmi dari Deparpostel untuk distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM tidak berlaku untuk garansi distributor non RIM meskipun dijual resmi di Indonesia. Di Indonesia pemegang Distributor BB non resmi dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga adalah Berrindo, Bless, Royal dll.
Blackberry garansi Non RIM tidak berarti jelek bahkan kadang –kadang mendapat unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI 7 dan 8 adalah 04 yaitu Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia meskipun batrenya loyo (diganti sama distributor kali) , untuk mengetahui Negara asal pembuat BB perlu dilakukan sedikit trik yaitu :
Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke 7 dan 8 yaitu 04 artinya adalah :
- 04 buatan Canada Limited dg qualitas terbaik di dunia rangking 1
- 00 buatan Finlandia qualitas sangat bagus rangking 1 – 2
- 03 buatan Perancis atau Canada qualitas paling baik rangking 3
- 08 atau 80 buatan Jerman qualitas Lumayan rangking 4
- 02 atau 20 buatan asia qualitas paling tidak lumayan alias jelek rangking 5
Garansi Distributor non RIM biasanya harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM dan jika unit mengalami kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah perbaikan. Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan tetapui lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaiitu 2 tahun .
2. Garansi Toko
Blackberry baru Garansi Toko biasanya hanya berani memberikan garansi PIN aman dan Unit tidak rusak paling lama 1 bulan, akan tetapi harganya paling murah dibanding dengan garansi lainnya, ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah : Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon, AT&tT dll atau tanpa Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80% adalah tidak original.
Alamat dan Lokasi Customer Service / Pelanggan Blackberry Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Comtech / Trikomsel, Selluler Shop dan TAM di seluruh Indonesia
1. Telkomsel ada disini
2. XL ada disini
3 AXIS ada disini
4. Indosat ada disini
5. Comtech / Trikomsel ada disini
6. Selluler Shop / SS ada disini
0 comments:
Post a Comment