lihat juga

Wednesday, March 28, 2012

Ciri dan Jenis Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia

Ciri dan Jenis Garansi  Resmi  Blackberry  (BB) RIM  di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi Blackberry  di  seluruh Indonesia 
Membeli Unit  Blackberry baru   hampir  setiap orang bisa  melakukannya asal memiliki dana yang cukup,..   datang ke Counter Hp, Tanya ini itu, Pilih model… transaksi …. beres.  Apakah memang demikian ? Ya,  jika anda ingin praktis. tapi sebenarnya  ada yang harus  diperhatikan jika anda tidak ingin  Blackberry anda berpotensi  bermasalah dikemudian hari . Yaitu anda  harus  memperhatikan hal-hal sebagai  berikut :
PIN  dijamin aman   tidak suspended di kemudian hari,   Unit  dan aksesoris seperti Baterai, charger, handset   asli / original ,  Unit BB  dijamin berfungsi  normal 100%,  Penggantian Unit baru jika Unit rusak bukan kesalahan pemakaian selama masa Garansi, Memilih Distributor resmi  yang  memiliki tempat  service memuaskan dan tersedia spare partnya   dan kalau bisa tentunya  harganyapun bersahabat.
Nah… untuk mendapatkan hal diatas paling mudah membeli BB dari operator ponsel yang bekerja sama dengan RIM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis atau Smart tapi jika anda tidak ingin demikian perhatikan hal berikut saat membeli BB di toko / counter ponsel :
1. Pilihlah penjual yang berani bertanggung jawab saat anda bertanya :” PIN aman kan? dan Semua aksesoris original? jika tidak saya kembalikan yang tidak original  (terutama batre)” ? jika penjual berani menjamin  belilah… jika tidak cari toko/ counter  lain masih banyak kok.
Dari pengalaman saya dan berbagai informasi yang saya dapatkan, yang paling sering ditukar dari unit lengkap Blackberry adalah : BATERAI, Penukaran baterai oleh penjual bisa terjadi pada BB dari  Distributor resmi maupun nggak resmi , Plastik  pembungkus Dus Blackberry ini bisa disobek batre diganti  dan dibungkus plastik baru lagi,  yang paling gampang untuk mengetahui baterai asli dari Distributor atau sudah ditukar oleh penjual, Perhatikan adanya sticker dari Distributor yang ditempel pada Baterai. Jika TAM ya sticker TAM, Jika SS ya sticker SS dst..
Jika baterai tidak ada sticker minta garansi baterai  dari penjual jika penjual tidak mau menukarnya dengan baterai bersticker Distributor.
2. Pilih Distributor resmi yang dipercaya. Pada umumnya hampir semua penjual BB  menawarkan  pilihan garansi : TAM, SS, Comtech/Trikomsel, Berryndo, Bless atau Garansi toko.  Mana yang terbaik?  Menurut saya yang terbaik adalah yang memberikan Garansi sesuai/ mendekati  standard RIM   atau paling tidak  pilih Distributor yang tidak banyak mendapat  komplain di surat kabar maupun di internet karena salah satu Distributor resmi Blackberry   ditenggarai  sering mendapat komplain dari user yang mengalami masalah pada Blackberrynya tapi tidak menggubrisnya  anda akan kecewa berat jika mengalaminya. untuk mengetahuinya bisa baca di Surat Pembaca harian manual / digital Kompas atau Detik.com
3. Coba tes semua fungsi unit BB saat anda membeli terutama seperti : Tes charger, Tes otomatis lampu keyboard nyala saat sensor cahaya di atas kanan layar  ditutup,   tes bicara ditelpon/ menelpon, tes tombol keyboard semua tombol  yang ada pada unit  anda tekan dan tes fungsinya , tes BB untuk foto, tes Handsfree dan Bluetooth
4. Lihat PIN dan IMEI BB pada  box BB, Cocokkan  PIN dan IMEI unit BB dengan Dus dan kartu garansi harus sama,  serta Vendor ID  untuk mengetahui dari operator atau Distributor   mana vendor berasal. Untuk mengetahuinya tekan tombol keyboard BB secara bersamaan  yaitu tombol : Alt + Shift (aA) dan H maka akan terlihat PIN, IMEI , App. Version, Plattform dan Vendor ID.
Vendor ID :
186 Telkomsel
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
Adapun Ciri dan Jenis Garansi  resmi maupun yang tidak resmi Blackberry   di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi  RIM Distributor ), Garansi Distributor  Non RIM  dan Garansi Toko.
1. Garansi Resmi RIM
Blackberrry  dikatakan  mempunyai Garansi Resmi  jika Blackberry tersebut  mendapat  garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia  RIM memberikan hak  Garansi resmi    kepada  Operator  ponsel  di Indonesia  seperti  Telkomsel, Axis, XL ,  Indosat dan Smart   dan  Distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint  selaku Distributor Global Blackberry yaitu  Teletama  Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan  PT.  Comtech  / Trikomsel  Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry baru bisa dikatakan bergaransi Resmi  dari RIM  karena  ketentuan standard  garansi  Internasional RIM  seperti penggantian unit  baru bisa  diberikan jika Unit BB baru yang diberikan  PIN mengalami Suspended atau rusak karena factor dari Pabrik.  Jadi  pemegang Garansi  resmi  Blackberry  / BB  dari RIM  di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
  1. Garansi   RIM Operator   :  Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
  2. Garansi  RIM Distributor  :  TAM,  SS (Seluler Shop)  dan  Comtech (CTN / Trikomsel)
penjelasan tentang  Garansi Resmi Blacberry dari   RIM   ini dapat dipertanggung jawabkan karena dirilis secara resmi di website  Blackberry Indonesia yaitu di  (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp).  Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry  menginformasikan yang  berbeda anda dapat mengoreksinya.
Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi   RIM  Operator dan Garansi  RIM  Distributor   adalah:
  1. Ponsel  BB  garansi RIM operator  penggunaannya dibatasi  hanya  satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan  Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai  oleh berbagai jenis  operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat , Tree atau  Smart
  2. Ponsel  BB  garansi RIM operator  hanya memiliki  beberapa  type ponsel BB tertentu saja tidak semua type  dan biasanya  jika ada model baru harus indent  terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent.
  3. Ponsel  BB  garansi RIM operator  terdapat  Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada  body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan   sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor  hanya terdapat di box, body  dan kartu garansi saja.
  4. Ponsel  BB  garansi RIM operator  jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor  jika rusak  biasanya diperbaiki  jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali  paling sering adalah  diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs
  5. Ponsel  BB  garansi RIM operator  relatif lebih mahal dari  Garansi RIM Distributor
Sedangkan persamaannya adalah :
Garansi PIN seumur hidup  mencakup spare part dan service, aksesoris original,  Box ponsel  BB terdapat  logo operator atau Distributor Resmi RIM  ybs beserta ijin dari DirJenPosTel/ DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal dari garansi non Rim dan Garansi Toko,   Lama Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini adalah 2 tahun  info disini
2. Garansi Distributor non  RIM
Garansi Distributor non  RIM adalah garansi yang tidak  standard dan diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia)  tapi garansi ini hanya  diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry   ke Indonesia  dan mempunyai  ijin resmi  dari Deparpostel untuk distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM tidak  berlaku untuk garansi distributor non RIM meskipun dijual  resmi  di Indonesia.  Di Indonesia pemegang Distributor BB non  resmi  dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga  adalah Berrindo, Bless, Royal  dll.
Blackberry garansi Non RIM tidak berarti jelek bahkan kadang –kadang  mendapat unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI  7 dan 8 adalah 04  yaitu Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia  meskipun batrenya loyo (diganti sama distributor kali) ,  untuk mengetahui Negara asal pembuat BB  perlu dilakukan sedikit trik yaitu :
Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke  7 dan 8 yaitu 04 artinya adalah :
-          04  buatan  Canada  Limited dg qualitas  terbaik di dunia  rangking 1
-          00 buatan Finlandia qualitas sangat bagus rangking 1 – 2
-          03 buatan  Perancis atau Canada qualitas paling baik rangking 3
-          08 atau 80 buatan Jerman qualitas Lumayan rangking 4
-          02 atau 20 buatan asia qualitas paling tidak lumayan alias jelek  rangking 5
Garansi Distributor non RIM biasanya harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM  dan jika unit mengalami kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah perbaikan.  Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru  tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan tetapui lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaiitu 2 tahun .
2. Garansi Toko  
Blackberry baru  Garansi Toko biasanya hanya berani memberikan garansi  PIN aman  dan Unit tidak rusak paling lama 1 bulan,  akan tetapi harganya paling murah dibanding dengan garansi lainnya,  ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah : Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon,  AT&tT dll atau tanpa Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80% adalah  tidak original.
Alamat dan Lokasi Customer Service / Pelanggan Blackberry Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Comtech / Trikomsel, Selluler Shop dan TAM di seluruh Indonesia
1. Telkomsel ada disini
2. XL ada disini
3 AXIS ada disini
4. Indosat ada disini
5. Comtech / Trikomsel ada disini
6. Selluler Shop / SS  ada disini

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:30 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf