lihat juga

Monday, August 1, 2011

Tim Forward: "Kami Akan di MotoGP Pada Tahun 2012"

Para pembalap MotoGP sedang liburan sejenak dari musim MotoGP tahun ini, tapi kita disini baru saja memulai musim Ramadhan 1432H. Semoga kita juga bisa menikmatinya, sama seperti rider MotoGP menikmati musim balap mereka. Selamat memunaikan puasa hari kedua, semoga kita mendapatkan poin yang baik di sisi-Nya :)

CRT (Claiming Rules Team) merupakan format baru yang dibuat Dorna pada tahun 2012 nanti untuk merevitalisasi kelas MotoGP yang belakangan ini mengalami penurunan jumlah pembalap yang akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP. Pada musim depan akan ada mesin "semi-prototype" yang mendapatkan jatah bahan bakar ekstra sebanyak 3 liter dan jatah sebanyak 12 mesin untuk satu musim. Sementara bagi mesin full-prototype hanya mendapatkan bahan bakar 21 liter dan 6 mesin untuk satu musimnya.

FIM telah mengumumkan pada bulan Juni yang lalu bahwa ada enam tim yang telah lulus proses seleksi adalah: Queroseno Racing, Forward Racing, Kiefer Racing, Marc VDS Racing Team, Paddock GP Racing dan Speed Master. Hingga saat ini, satu-satunya tim yang sudah mencoba lintasan balap dengan motor tahun depan hanyalah Marc VDS yang menggunakan sasis racikan Suter dan dapur pacu BMW.

Sementara tim lainnya masih belum terlihat melakukan persiapan, hanya Team Forward yang saat ini bermain di Moto2 dengan Jules Cluzel dan Alex Baldolini yang memberikan penjelasan kepada publik melalui Giovanni Cuzari, CEO Team Forward.

"Kami telah menegaskan rencana kami untuk tahun 2012 untuk masuk MotoGP sebagai CRT. Kita akan menggunakan sasis Suter dan mesin BMW, tapi kami juga mencoba sasis Moriwaki sebelum membuat keputusan akhir. Kami belum mendapatkan kepastian mengenai siapa pembalapnya dan masih mencari. Target kami adalah pembalap muda yang bertalenta atau singa tua."

MotoGP sudah lama menjadi bidikan Team Forward, tapi biaya leasing untuk motornya terlalu tinggi, terlalu mahal untuk suatu tim private. Dengan adanya CRT, biaya menjadi lebih rendah. Dengan 1,3 juta Euro, Suter bisa memberikan dukungan suku cadang dan dukungan seorang race engineer selama satu musim.

Cuzari menjelaskan bahwa ada alasan yang membuat mereka terdorong untuk bermain di kelas premiere.

"Image dalam MotoGP sangat berbeda jika dibandingkan dengan Moto2 dan hal ini merupakan dasar agar sukses dalam menemukan sponsor. Saat ini, bahkan tamu dari tim kelas kecil (Moto2 dan GP125) pun tidak bisa masuk ke dalam paddock MotoGP secara pribadi. Aku mengakui hal itu adalah dominasi komersial jika dibandingkan olahraga itu sendiri."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:53 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf