Indianapolis Motor Speedway terkenal dengan layout yang sempit dan lambat dimana balapan berjalan berlawanan arah jarum jam. Belakangan dilakukan pengaspalan ulang di sirkuit sepanjang 4.216 meter ini dan trek ini tidak terlalu memberatkan pekerjaan sistem pengereman, oleh sebab itu Brembo mengklasifikasikan sirkuit ini dalam kategori ringan.
Pengereman paling berat yaitu pada saat menjelang tikungan 1, dimana setelah para pembalap MotoGP melahap trek lurus, mereka melambat dari kecepatan 325 km/jam hingga kecepatan 165 km/jam hanya dalam jarak 300 meter. Pada tahun 2010 yang lalu, Ben Spies tampil gemilang merebut pole position dengan menggunakan Yamaha M1 dengan catatan waktu 1'40,105"
Berikut data untuk setiap zona pengereman:
Zona Pengereman 01
Kecepatan awal: 325 km/jam
Kecepatan akhir: 165 km/jam
Jarak pengereman: 298 meter
Waktu pengereman: 5,0 detik
Zona Pengereman 02
Kecepatan awal: 165 km/jam
Kecepatan akhir: 100 km/jam
Jarak pengereman: 80 meter
Waktu pengereman: 1,9 detik
Zona Pengereman 03
Kecepatan awal: 235 km/jam
Kecepatan akhir: 120 km/jam
Jarak pengereman: 157 meter
Waktu pengereman: 3,8 detik
Zona Pengereman 04
Kecepatan awal: 155 km/jam
Kecepatan akhir: 90 km/jam
Jarak pengereman: 75 meter
Waktu pengereman: 2,0 detik
Zona Pengereman 05
Kecepatan awal: 265 km/jam
Kecepatan akhir: 105 km/jam
Jarak pengereman: 203 meter
Waktu pengereman: 4,7 detik
Zona Pengereman 06
Kecepatan awal: 207 km/jam
Kecepatan akhir: 130 km/jam
Jarak pengereman: 100 meter
Waktu pengereman: 2,2 detik
Zona Pengereman 07
Kecepatan awal: 175 km/jam
Kecepatan akhir: 105 km/jam
Jarak pengereman: 88 meter
Waktu pengereman: 1,3 detik
Rata-rata waktu yang dihabiskan untuk pengereman adalah sekitar 20%.
0 comments:
Post a Comment