lihat juga

Saturday, December 15, 2012

Mariner 2 :Satelit Pertama Yang mengorbit Antar Planet Terjadi 50 Tahun Lalu

http://astronesia.blogspot.com/
Mariner 2 adalah wahana antarplanet pertama yang sukses terbang menghampiri Venus pada tahun 1962.

Astronesia-Lima puluh tahun yang lalu(14 Desember), NASA Mariner 2 pesawat ruang angkasa melakukan pendekatan yang paling dekat dengan planet Venus, yang menandai pengorbitan pertama kalinya di planet lain.Mariner 2 mengorbit dengan jarak 21.564 mil (34.675 kilometer) dari Venus pada 14 Desember 1962, mengumpulkan data berharga tentang planet adik bumi yang panas itu.

Satelit ini mengambil dari dekat pengukuran pertama suhu Venus yang panas,Contohnya membantu ilmuwan mengonfirmasi kecurigaan bahwa planet ini di kuasai oleh efek rumah kaca.Dengan pelacakan sinyal radio Mariner 2,peneliti juga menghitung massa Venus 'dengan presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata para pejabat NASA.

Pengorbitan pesawat ruang angkasa ini juga menandai momen yang membanggakan bagi NASA dan Amerika Serikat, setelah jeda lima tahun di mana Uni Soviet telah mengklaim semua pengalaman pertama yang besar di dunia ruang angkasa.Soviet berhasil meluncurkan satelit buatan pertama pada tahun 1957, mengirimkan probe ke bulan pada tahun 1959 dan menempatkan manusia pertama di luar angkasa pada tahun 1961.




"JPL selalu berusaha untuk melakukan hal-hal spektakuler atas nama NASA dan bangsa kita," kata Charles Elachi, direktur NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, yang mengelola misi Mariner 2, dalam sebuah pernyataan. "Pencapaian pertama Amerika 'pertama di ruang angkasa' adalah salah satu prestasi lab yang paling membanggakan."

Mariner 2 memiliki bergelombang naik. Tak lama setelah peluncuran pada 27 Agustus 1962, arus pendek menyebabkan roket probe menggulung, render tidak responsif terhadap instruksi perintah.Tetapi hubungan pendek yang misterius itu pulih dengan sendirinya setelah 5 menit kemudian,kata para pejabat NASA.

Dalam setengah abad setelah peluncuran Mariner 2 ini, pesawat ruang angkasa lainnya telah lebih lanjut mempelajari planet kedua dari matahari. Uni Soviet bahkan mendaratkan beberapa probe di permukaan Venus ', dimulai dengan Venera 7 pada tahun 1970. Tapi Mariner 2 akan selalu memiliki tempat khusus dalam sejarah.

"Akan ada misi lain untuk Venus, tapi tidak akan pernah ada lagi misi pertama ke Venus," kata Jack James dari JPL, manajer proyek Mariner 2, sebelum kematiannya pada tahun 2001.

Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:25 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf