lihat juga

Friday, December 14, 2012

Kandungan dan Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan - Buah tomat adalah buah yang sering kita jumpai sehari-hari. Selain digunakan sebagai jus atau pelengkap kuliner manis, buah tomat juga digunakan sebagai bumbu dapur seperti membuat sambel, bumbu sayur, dan lain-lain. Selain akan rasanya yang enak ternyata buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Buah Tomat mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh kita yang mungkin tidak banyak ditemukan di buah lain. Seperti salah satunya adalah zat likopen (lychopen). Likopen yang terkandung dalam warna merah buah tomat secara ilmiah dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker jantung koroner, kanker prostat, penyakit saluran pencernaan, dan beberapa penyakit degeneratif akut.

Zat likopen pada buah yang berwarna merah ini juga merupakan sebuah zat antioksidan yang tangguh yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu buah tomat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna untuk tubuh seperti vitamin K, vitamin C, dan Vitamin A.

Kandungan Buah Tomat : Dalam 100 gram buah tomat yaitu kalium (360mg),vitamin C (23 mg),vitamin K,vitamin A, fosfor (27 mg), kalsium (11 mg), thiamine (0,56 mg) dan 1 gram protein.

Manfaar Buah Tomat Untuk Kesehatan :

1. Mencegah dan Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A dalam buah tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Oleh karena iatu mengkonsumsi buah tomat secara teratur bisa membantu mencegah dan menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah Kanker Prostat
Menurut penelitan ternyata tomat juga dapat mengurangi resiko terjadinya kanker prostat, sekitar 21-43 % resiko terkena kanker prostat dapat menurun ketika kita rutin mengkonsumsi buah tomat ini.

3. Menambah Nafsu Makan
Kandungan asam sitrat dalam buah tomat yang masih segar dapat membantu menambah nafsu makan. Jika anak anda sulit makan, bisa anda coba dengan memberinya buah tomat, jika tidak kuat pada rasa asamnya (punya penyakit maag) bisa anda buatkan jus tomat yang dicampur dengan gula.

4. Mengatasi Lemah Syahwat
Mengkonsumsi buah tomat dapat membantu meningkatkan jumalah dan kualitas sperma pada pria. Oleh karena itu, buah ini bisa menjaga dan mengatasi penyakit lemah syahwat.

5. Sebagai Antioksidan
Manfaat lain dari tomat adalah sebagai zat antioksidan alami bagi tubuh. Zat ini berfungsi menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sitem imun manusia.

Demikian informasi tentang Kandungan dan Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:02 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf