lihat juga

Friday, December 14, 2012

Hujan Meteor Tampilkan Puluhan "Bintang Jatuh"

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Puncak hujan meteor Geminid mencapai titik puncaknya pada 13 -14 Desember 2012. Astronom mengatakan, hingga 80 "shooting stars" atau "bintang jatuh" menghiasi langit malam yang dapat disaksikan selama beberapa jam.

Dilansir Telegraph dari okezone, Jumat (14/12/2012), para pengamat bintang bisa menyaksikan fenomena langka tersebut di langit yang cerah, khususnya di belahan Bumi utara. Namun, apabila langit berkabut di wilayah Selatan, maka hujan meteor ini akan sulit terlihat.

Hujan meteor yang berlangsung tahunan ini tampak memukau pada Kamis malam dan Jumat pagi. Lusinan meteor melesat dengan kencang di langit setiap beberapa jam sekali.

Peristiwa ini kabarnya mencapai puncaknya di wilayah Inggris pada pukul 11.30 malam waktu setempat. Akan tetapi, para ahli mengatakan, cuaca buruk yang terjadi berarti fenomena spektakuler itu hanya bisa dilihat di wilayah utara Inggris.

Robert Massey dari Royal Astronomical Society mengatakan, ini merupakan pertunjukkan yang mengagumkan di langit. "Kabar baik di tahun ini ialah adanya bulan baru yang menandakan langit menjadi gelap. Dengan langit gelap tersebut, maka sebagian besar dari Anda bisa menjauh dari kota (untuk menyaksikan hujan meteor tersebut)," jelasnya.

Ia mengatakan, kondisi langit malam untuk dapat menyaksikan hujan meteor Geminid adalah berada dalam posisi gelap dan cerah. Namun, lanjutnya, prakiraan cuaca menyebutkan bahwa kondisi langit sedang berkabut dan berawan.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:03 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf