lihat juga

Saturday, December 8, 2012

Menanti Puncak Hujan Meteor Geminids 13-14 Desember 2012

http://astronesia.blogspot.com/
Hujan Meteor Gemini

Astronesia-Fenomena tahunan hujan meteor yang tampak muncul dari Rasi Gemini akan terjadi dari tanggal 7 – 17 Desember dan mencapai puncaknya tanggal 13 dan 14 desember ketika Bumi berjalan melalui aliran puing-puing di luar angkasa.

Meteor yang tampak dari rasi Gemini ini berasal dari sisa pecahan obyek yang dikenal sebagai 3200 Phaethon, yang dulunya diperkirakan merupakan asteroid. Saat ini Phaethon sudah menjadi komet yang punah. Jadi sebenarnya, ia adalah kerangka batuan dari komet yang sudah kehilangan es setelah berkali-kali melintas Matahari dari dekat.

Bumi yang melintas dalam aliran puing-puing 3200 Phaethon setiap tahun pada pertengahan Desember akan menyebabkan puing-puing itu terbang dari rasi Gemini. Tepatnya di dekat bintang terang Castor dan Pollux.

Meteor Geminid pertama kali terlihat pada akhir abad ke-19, tak lama setelah perang sipil di Amerika berakhir. Pada saat pertama muncul, hujan meteornya masih lemah dan tidak terlalu menarik perhatian. Pada saat itu debu yang masuk atmosfer Bumi itu hanya bergerak dengan kecepatan 130000 km/jam.

Meteor Geminid sendiri masih tergolong meteor dengan kecepatan menengah pada kisaran 35 km / detik, sehingga akan mudah dikenali di bentangan langit malam.

http://astronesia.blogspot.com/


Jika Anda berencana untuk menonton hujan meteor Geminids, berikut beberapa tips untuk anda: 


-Cari langit gelap: Sementara Orionids telah menjadi hujan meteor yang cukup diandalkan dalam beberapa tahun terakhir, kondisi melihat yang baik adalah dengan berada di tempat yang jauh dari lampu-lampu kota, yang dapat menghambat pandangan Anda.  

-Jangan Menggunakan alat bantu penglihatan seperti teleskop karena hanya mengganggu penglihatan anda,sebaiknya jangan agar pandangan anda lebih luas. 

-Berpakaian hangat: Sediakan jaket atau sweter buat mengusir dinginnya udara malam  

-Suasana dibuat senyaman mungkin: sediakan kursi panjang buat berbaring untuk mengamati langit malam,jangan lupa pake jaket dan secangkir kopi panas kalo bisa sih sambil dengarin mp3 :) 

-Lebih mantap lagi menyediakan kamera,buat mengabadikan momen indah saat meteor menembus atmosfir bumi,tapi ingat jangan foto yang lain ntar yang terpotret  penampakan lagi, hihihihihihi Bercanda :)


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:37 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf