lihat juga

Wednesday, December 5, 2012

Khasiat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Sawo adalah salah satu buah yang memiliki rasa enak dan aroma yang harum. Buah ini dapat dengan mudah kita dapatkan di pasar-pasar dan supermarket. Selain rasanya yang manis dan enak, buah ini ternyata juga memiliki beberapa khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah sawo ini memiliki kandungan senyawa kalium yang cukup banyak. Berikut adalah kandungan mineral dalam 100 gram buah sawo. Kalium 193 mg/100 g, Natrium 12 mg/100 g, kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg). Kandungan vitamin seperti riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A sangat baik sebagai zat antioksidan bagi tubuh.

Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini sudah tersebar populasinya di seluruh dunia. Di Sumatera Barat sendiri buah yang berwarna kecoklatan ini biasa disebut disebut 'saos'. Buah ini memiliki manfaat baik itu dari buah atau pun daunnya. Lalu apa saja khasiatnya bagi kesehatan?

Berikut adalah khasiat buah sawo bagi kesehatan.

Obat Diare
Getah dalam buah sawo bisa dijadikan sebagai obat alami diare. Caranya dengan mengambil sekitar 15 tetes getah sawo muda kemudian campurkan dengan air hangat. Bisa juga tambahkan madu. Atau anda juga bisa memarut  memarut buah sawo muda kemudian saring dan ambil airnya untuk kemudian anda bisa diminum dengan air hangat.

Radang Mulut
Ambil satu mangkok daun sawo. Kemudian cincang dalam 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

Disentri
Ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Catatan : Buah ini tidak cocok bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat.

Demikian beberapa informasi tentang Khasiat Buah Sawo Bagi Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Janagan lupa baca juga artikel menarik lainnya.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:04 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf