lihat juga

Saturday, December 22, 2012

Gambar Baru Saat Semesta Masih Bayi Dirilis

http://astronesia.blogspot.com/
Gambar alam semesta saat masih bayi yang berdasarkan data 9 tahun Misi Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP).

Astronesia-Para astronom telah merilis sebuah "gambar bayi" baru alam semesta.Gambar semua langit ini mengacu pada sembilan tahun data dari pesawat ruang angkasa yag sekarang sudah pensiun, Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP).

WMAP diluncurkan pada tahun 2001 dan dari tempatnya bertengger satu juta mil jauhnya dari Bumi (dalam arah yang berlawanan matahari) untuk mengamati langit, memetakan alam semesta, panas muda dengan akurasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gambar ini memetakan suhu radiasi yang tersisa dari Big Bang, pada saat alam semesta berumur 375.000 tahun. Ini menunjukkan kisaran suhu plus-atau-minus 200 microKelvin, dengan fluktuasi radiasi dengan latar belakang gelombang mikro kosmik muncul di sini sebagai perbedaan warna.

Pola-pola ini memungkinkan para astronom untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi sebelumnya, dan apa yang telah terjadi dalam miliaran tahun sejak bayi alam semesta lahir.Dengan demikian, pesawat ruang angkasa telah berperan dalam mendorong majunya teori kosmologis tentang sifat dan asal usul alam semesta.

Data dari WMAP juga menunjukkan perkiraan yang jauh lebih tepat untuk usia alam semesta 13,7 miliar tahun dan menegaskan bahwa sekitar 95 persen itu terdiri materi gelap dan energi gelap.Data WMAP juga membantu para ilmuwan memakukan kelengkungan ruang ke dalam 0,4 persen dari "datar," dan menentukan waktu ketika alam semesta mulai muncul dari zaman kegelapan kosmik (sekitar 400 juta tahun setelah Big Bang.)

Satelit ini sudah pensiun 2 tahun lalu dan tim ilmuwan WMAP kini merilis hasil akhir, berdasarkan sembilan tahun pengamatan.

 Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 5:37 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf