lihat juga

Friday, December 21, 2012

Bahaya minum kopi, bahaya minum kopi setiap hari

Bahaya minum kopi, lucu unik aneh bagikan informasi tentang Bahaya minum kopi ,bahaya minum kopi setiap hari, bahaya minum kopi bagi wanita, bahaya minum kopi bagi kesehatan, bahaya minum kopi instan, bahaya minum kopi tiap hari, bahaya minum kopi berlebihan, bahaya minum kopi terlalu banyak, bahaya minum kopi saat hamil, bahaya minum kopi susu, bahaya minum kopi untuk ibu hamil.

Bahaya minum kopi, benarkah meminum secangkir kopi hangat bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita? Setiap apapun di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula pada kopi, di samping banyak sekali manfaatnya seperti yang akan saya bahas pada artikel selanjutnya mengenai manfaat minum kopi. Di samping itu meminum kopi juga memiliki efek buruk jika konsumsinya terlalu berlebihan.

Bahaya Minum Kopi
Bagi anda yang gemar meminum kopi hangat di pagi hari jangan terlalu khawatir akan bahaya yang ditimbulkan dari meminum kopi asalkan konsumsinya sewajarnya tidak berlebihan. Mungkin 1-2 cangkir sehari cukup. Intinya, konsumsi kopi dengan bijak.
Berikut adalah beberapa bahaya minum kopi :
1. Mengurangi kesuburan wanita
Kalau anda minum kopi terlalu banyak itu akan bisa menganggu kesuburan anda para wanita, terlebih jika dibarengi dengan konsumsi alkohol. Hal itu berdasarkan Reader’s Digest edisi Desember 1994 yang mengutip laporan penelitian yang di biayai The USA National Institute of Child Health and Human Development dan The US Institute on Drug Abuse, disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein.
2. Meningkatkan resiko penyakit jantung
Berdasarkan kepada journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 disebutkan bahwa minum kopi 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat dari endapan lemak dan akhirnya berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.
3. Berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi
Penderita hipertensi bisa dalam bahaya karena senyawa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam.
4. Bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil dan gangguan pada bayi saat lahir
Berdasarkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi sebanyak 100 mg kafein setiap harinya akan lebih mudah mengalami keguguran.
Sedangkan berdasarkan Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan terhadap kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan, selain itu kandungan kafein juga membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, sehingga resiko kematian pada bayi bisa meningkat sebesar dua kali lipat.
5. Kafein bisa menyebabkan keropos tulang
Efek ini sebagian besar ditemukan pada wanita yang memasuki masa menopause dengan konsumsi kafein tinggi. Sebagian besar penelitian menemukan konsumsi kafein yang tidak berlebihan tidak mengakibatkan pengeroposan tulang.
6. Kafein bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup,sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah
7. Kebiasaan minum kopi panas-panas juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker esofagus
8. Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung
JAdi, bagi penderita maag sebaiknya sebisa mungkin hindari mengonsumsi kopi.
9. dan lain-lain
Melihat begitu banyaknya bahaya minum kopi apakah berarti bahwa kita musti berhenti meminum kopi dari sekarang? Tidak, anda sama sekali tak perlu berhenti total kebiasaan mengonsumsi kopi karena kopi juga mempunyai manfaat yang tak kalah penting. Asalkan diminum secara bijak dan tidak berlebihan manfaatnya akan kita dapatkan. Batas wajar konsumsi kafein adalah 300 mg perhari atau setara dengan sekitar 3 cangkir kopi. Usahakan anda meminum kopi maksimal 3 cangkir perhari atau kalau bisa di bawahnya. Cara lain aman minum kopi adalah coba tambahkan susu rendah lemak. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas perhari untuk detoksifikasi dan mengencerkan darah.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:59 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf