lihat juga

Sunday, December 2, 2012

5 Penemuan Yang Dilebih-lebihkan Di Planet Mars

Astronesia-NASA berusaha untuk meredam ekspektasi masyarakat untuk pengumuman Mars mendatang setelah banyak rumor menyebar yang menyatakan bahwa Curiosity rover menemukan penemuan yang besar di Mars.

"Rumor dan spekulasi bahwa ada temuan baru yang besar dari misi pada tahap awal ini tidak benar," tulis pejabat NASA dalam sebuah pernyataan, Kamis (November 29)."Konferensi pers akan mengumumkan tentang penggunaan pertama dari array full rover instrumen analisis untuk menyelidiki penyimpangan dari tanah berpasir."

Pengumuman akan dilakukan pada the Fall Meeting of the American Geophysical Union di San Fransisco,Senin (3 Desember).

Sekarang mari kita melihat kembali 5 penemuan 

1. Canals on Mars

http://astronesia.blogspot.com/
Kanal Mars seperti yang digambarkan oleh Percival Lowell.
Salah satu penemuan yang paling terkenal, dan terkenal salah, tentang planet tetangga kita adalah klaim bahwa pada tahun 1870-an telah digali kanal ke dalam kerak Mars, sehingga "membuktikan" adanya kehidupan di Mars.Tokoh astronom Percival Lowell yang mempopulerkan teori kanal, didasarkan pada gagasan bahwa Mars dulunya hijau dan basah, tetapi akhir-akhir ini telah mengering, sehingga kanal di bangun agar air yang ada di kutub ini bisa mengalir ke bawah.

Sejarawan mengatakan kegilaan kanal ini didorong oleh kegembiraan yang meluas atas pembangunan Terusan Suez, sebuah keajaiban buatan yang selesai pada tahun 1869.

Ide kanal di Mars bertahan hingga abad ke-20, sampai teknologi observasi cukup maju untuk mengungkapkan kanal sebagai ilusi optik.

2. Air Mengalir Di Mars 

Pada tanggal 22 Juni 2000, NASA mengumumkan telah menemukan bukti bahwa air mengalir di permukaan Mars.berita berdasarkan foto dari ukiran selokan di permukaan Mars yang diambil oleh NASA Mars Global Surveyor, yang membuat kabar menghebohkan.Selokan itu tampaknya telah dibentuk oleh air yang mengalir, dan sisa lumpur di dekatnya juga menyarankan air dal bentuk cair. Terlebih lagi, para peneliti pada waktu itu menilai struktur baru yang akan dibentuk, menyiratkan bahwa air dalam bentuk cair ada di Mars saat ini.

Namun,lebih dari 10 tahun sejak pengumuman, para ilmuwan belum mengkonfirmasi selokan yang disebabkan oleh air yang mengalir, atau menawarkan bukti definitif ada air di Mars saat ini.Sementara sebagian ahli setuju bahwa air dalam bentuk cair di mars mengalir di permukaannya pada masa kuno.Dan teori ini masih jadi perdebatan hingga sekarang.

3. Wajah Di Mars

Objek mirip wajah manusia yang di ambil oleh NASA's Viking 1 orbiter pada tahun 1976
Sebuah foto hitam-putih yang diambil oleh NASA's Viking 1 orbiter pada tahun 1976 dengan cepat memikat publik karena mengungkapkan kemiripan dari wajah menakutkan manusia di permukaan planet ini.Meskipun ilmuwan NASA dengan cepat menampik bahwa itu hanya bentuk alami dari batu yang menyembul keluar yang di terangi cahaya dan bayangan sehingga membuat efek seperti itu,namun masih banyak orang yang ingin penjelasan lebih dalam.Bahkan beberapa orang tetap bertahan dengan teori bahwa formasi itu di bangun oleh peradaban asing dan mencari tanda-tanda lebih lanjut dari sebuah kota yang runtuh di wilayah tersebut.

"Wajah di Mars" telah dicitrakan dalam resolusi tinggi dengan misi NASA berikutnya, yang telah didukung penjelasan bahwa objek itu berupa ilusi optik.Namun bagi sebagian orang,daya tarik dari struktur tersebut tidak pernah pudar bahwa itu sebuah misteri.

4. Meteorit Yang Misterius

Potongan kecil batuan Mars telah mendarat di Antartika sekitar 13.000 tahun yang lalu dalam bentuk meteorit, yang ditemukan pada tahun 1984 dan disebut ALH84001.Batu ini kemudian ditemukan mengandung mineral yang disebut magnetite, yang di Bumi dikaitkan dengan kehadiran mikroorganisme.Karbon bahan meteorit juga menunjukkan bahwa air cair hadir ketika terbentuknya batuan ini, setidaknya 16 juta tahun yang lalu. 

Secara bersamaan, sebagian menafsirkan bahwa temuan ini sebagai bukti bahwa di Mars pernah memiliki kehidupan mikroba.Namun, para ilmuwan mengingatkan bahwa sebagian besar magnetit mungkin tidak memiliki hubungan biologis, dan batu itu tidak bisa di jadikan bukti yang kuat.Selain itu, klaim ilmuwan bahwa struktur kecil di dalam meteorit yang muncul menjadi fosil nanobacteria telah bertemu dengan ilmuawan skeptis yang berbeda pendapat dan memicu kontroversi lagi.

5. Mikroba di Mars

Viking 1 dan 2, yang mendarat di Planet Merah pada tahun 1976, dikirim untuk mencari kehidupan di planet itu.Salah satu eksperimen yang muncul menemukan bukti berupa reaksi metabolik, yang para ilmuwan diumumkan sebagai bukti kehidupan di Mars.Klaim itu menjadi berita besar, tetapi para ilmuwan lainnya menolak interpretasi kehidupan itu karena menurut mereka temuan itu menunjukkan bahwa reaksi itu disebabkan oleh agen-agen tak hidup di tanah Mars.

Hingga saat ini tidak ada bukti batuan solid yang mengandung mikroba di Mars yang pernah ditemukan.

Sekarang mari kita menunggu hasil pengumuman dari penemuan besar Curiosity di planet Mars yang di bahas dalam the American Geophysical Union's annual fall meeting.

Sumber: Space.com


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:39 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf