lihat juga

Saturday, December 22, 2012

21 Desember 2012,Transit Venus Terlihat dari Saturnus

Transit Venus Terlihat dari Bumi beberapa waktu lalu

Astronesia-Pada Juni lalu, astronom mengamati fenomena transit Venus. Transit Venus merupakan fenomena di mana Venus melintas di antara matahari dan Bumi (atau planet lain).

Wikipedia menerangkan, fenomena ini memungkinkan Venus terlihat dari Bumi sebagai titik hitam yang bergerak melintasi permukaan Matahari. Transit ini mirip dengan peristiwa gerhana matahari oleh Bulan.

Dilansir Science.nasa, Sabtu (22/12/2012), fenomena transit Venus ini tidak hanya dapat disaksikan di Bumi, tetapi juga planet lain. Baru-baru ini NASA mengumumkan bahwa transit Venus dapat disaksikan di Saturnus.

"Pada Jumat, 21 Desember 2012, ada transit Venus yang dapat dilihat dari Saturnus. Kami akan melihatnya menggunakan pesawat luar angkasa Cassini," ujar tim ilmuwan Cassini, yang merupakan peneliti dari Cornell University, Phil Nicholson.

Menurutnya, ini akan menjadi transit Venus yang pertama, yang pernah diamati dari kedalaman luar angkasa. Karena Saturnus memiliki 10 kali lipat lebih jauh dari matahari ketimbang Bumi, transit Venus ini tidak akan dapat dengan mudah dilihat.


http://astronesia.blogspot.com/
Transit Venus terlihat oleh Pesawat luar angkasa Cassini

Siluet dari planet kedua dalam sistem Tata Surya ini akan tampil dengan titik hitam kecil di Matahari, yang berjarak 10 kali lipat lebih jauh dari Saturnus dibandingkan Bumi. Kabarnya, fenomena langka ini baru terjadi lagi hingga lebih dari 100 tahun ke depan.

"Sebagaimana Venus menyebrangi wajah Matahari, kita akan melihat apakah kita bisa mendeteksi senyawa kimia di atmosfer planet tersebut. Ini dilakukan dengan melihat spektrum sinar matahari yang tersaring oleh Venus," pungkasnya.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:18 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf