lihat juga

Sunday, September 2, 2012

Ukuran Baju Nabi Adam, Sang Manusia Pertama


More Sharing ServicesShare

Siapa manusia pertama di dunia? Semua pasti menjawab Adam.  Ya! Dari anak kecil hingga dewasa tak akan membantah jika Adam adalah manusia di zaman awal penciptaan.
Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dari Rasulullah saw, bersabda: “Allah menciptakan Adam dan tingginya 60  dzira” (hasta).
Kemudian Allah berfirman kepada Adam:“Pergilah, ucapkan salam kepada mereka para malaikat”.
“Lalu dengarlah salam mereka kepadamu, sebagai salammu dan salam keturunanmu!’ Maka Adam berkata: “Assalamu’alaikum”.   Malaikat-malaikat Allah menjawab:  Assalaamu’alaika warahmatullah”.
“Maka semua orang yang masuk jannah (tinggi badannya) seperti Adam. Dan manusia terus menerus berkurang (ketinggiannya)”. (Hadits shahih Muttafaqun ‘alaihi)
Dengan dasar hadits tersebut, Hamdan al Mas’udiy, seorang lelaki warga Jeddah, Saudi Arabia, mewujudkan sabda Nabi Muhammad itu dalam wujud visual nyata.
Hadits Nabi yang menjelaskan bahwa tinggi Nabi Adam adalah 60 hasta ((1 kaki = 30 cm, 1 hasta = 1,5 kaki, jadi 60 hasta = 90 kaki =  30 meter), adalah rujukan bagi Hamdan untuk menghadirkan ukuran tubuh Bapak Manusia itu dengan membuat jahitan baju yang disesuaikan dengan sirah dari Rasulullah.
Dengan dibantu empat orang penjahit, ia membuat baju raksasa berukuran tinggi 29 meter dan lebar 12 meter.
Tujuan dari dibuatnya pakaian raksasa itu adalah agar manusia saat ini bisa mengetahui dengan jelas Nabi Adam yang  sebenarnya, walaupun Hamdan mengaku pakaian raksasa yang dibuatnya itu belum tentu persis dengan ukuran Nabi Adam yang sebenarnya.
“Saya hanya mencoba menghadirkan profil bentuk tubuh Nabi Adam sesuai dengan sirah yang digambarkan oleh Rasulullah,” terang Hamdan, dikutip waraqat.
Proyek besar itu dikerjakan Hamdan dan rekan-rekanya selama 18 hari dnegan jumlah gulungan kain mencapai 40 gulungan dan 30 ribu gulungan benang.
Panjang pakaian berwarna putih itu adalah 29 meter, lebar dua pundak 9 meter, lebar bawah  12 meter, panjang lengan 10 meter, lingkar leher 6 meter dan kerah (diameter lingkar leher) mencapai 2 meter.
Wow! Gede banget ya….
Dengan menyaksikan bahu hasil rancangan Hamdan, manusia dapat mengambil kesimpulan bagaimana bentuk tubuh manusia pertama di dunia itu. 

































ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 6:40 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf