lihat juga

Friday, September 7, 2012

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan

Burung Cendet atau Pentet merupakan jenis burung pemangsa serangga yang memiliki wilayah kekuasaan di alamnya, Burung ini mampu meliuk liuk dan memutar badan (salto) diatas udara sambil terbang ketika memburu mangsa atau musuh yang mendekati wilayah kekuasaannya. Burung Cendet termasuk burung yang cerdas karena mampu menirukan (nembak) suara burung lainnya dengan cepat. di alam bebas cendet mampu menirukan kutilang, pipit, prenjak dan berbagai burung lainnya. hal ini untuk mengecoh/memancing burung burung kecil itu agar mendekat dan dimangsanya.

Karena kecerdasannya mampu menirukan suara burung lain inilah sehingga burung cendet layak menjadi Burung Piaraan atau burung lomba bagi para penghobi burung kicauan.
 

Burung cendet yang rajin berbunyi atau ngoceh adalah burung cendet jantan, sehingga para penghobi burung cendet sangat paham bahwa yang diburu adalah burung Cendet Jantan. Lalu, seperti apakah ciri ciri burung cendet jantan sebenarnya? 

Berbagi pengalaman kepada sesama kicau mania adalah sesuatu yang sangat menyenangkan untuk itu disini kami akan berbagi Tips Ciri Ciri Burung Cendet Jantan. Namun sebelum lebih jauh anda juga bisa membedakan ciri ciri dari Burung Cucak Hijau (ijo) jantan vs betina dan Membedakan Burung Lovebird Jantan vs Betina.

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan :
  • Cendet Jantan Dewasa dapat dilihat perbedaan dari warna hitam di kepala, Bila jantan warna hitam bisa full dan pekat sampai kepala dan leher sedangkan Cendet betina hanya separoh diatas paruh saja agak kusam.
  • Cendet jantan lebih agresif dan suka berkicau dibanding yang betina
  • Bila Cendet masih anakan atau trotolan perbedaannya bisa dilihat pada alis mata, Bila jantan alis mata lebih tebal dan pekat warna hitamnya, Sedangkan yang betina lebih kusam. 
  • Bintik bintik hitam di kepala untuk yang jantan lebih kelihatan daripada yang betina.
  • Kepala Cendet jantan tampak rata (cepak) sedangkan betina agak jambul atau membentuk bukit.

Ciri Ciri Bakalan Cendet yang baik :
  • Dari segi postur tubuh pilih yang berbodi ramping (kecil tapi panjang) bila berdiri tegak akan tampak gagah. 
  • Pilih yang ekornya panjang untuk keserasian antara bodi dan ekor.
  • Pilih yang dadanya putih bersih untuk mental yang tangguh
  • Pilih yang berparuh tebal untuk hasil volume suara yang kenceng.
  • Pilih yang memiliki kelengkapan fisik yang sempurna dari jari kaki yang sehat, kaki yang sehat, ekor dan sayap yang sehat, mata yang sehat dan bulu bulu yang mengkilap.

Untuk kicau mania penghobi cendet silahkan bergabung di komunitas Cendet Mania agar bisa menemukan segala hal tentang cerita cendet.

ads

Ditulis Oleh : erhan ahong Hari: 6:18 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf