lihat juga

Thursday, December 27, 2012

Tips Cara Memaafkan Seseorang | cara mudah memaafkan seseorang

Tips Cara Memaafkan Seseorang | cara mudah memaafkan seseorang. bagi anda yang susah memaafkan seseorang, hendaklah anda baca artikel di bawah ini tentang Tips Cara Memaafkan Seseorang | cara mudah memaafkan seseorang. lucu unik aneh bagikan Tips Cara Memaafkan Seseorang | cara mudah memaafkan seseorang. Jika ada pertanyaan "hal apa yang paling sulit anda lakukan dalam hidup ?"
Maka jawabannya adalah "Memberi maaf dengan tulus".
Memang kita sadari memberikan maaf kepada seseorang yang pernah menyakiti kita adalah hal yang sangat sulit. Mungkin anda bisa memaafkan nya, akan tetapi jika rasa sakit itu masih berbekas, maka kesimpulannya rasa maaf itu adalah sebuah perkataan saja.
Berikut ada sebuah dongeng tentang seorang pria dan seekor ular, dan semoga dapat memberikan inspirasi kepada Anda.

gambar ucapan maaf

Tips Cara Memaafkan dengan Baik

Dongeng seorang pria dan seekor ular:

Kisah ini dimulai ketika ada seekor ular yang membuat lubang untuk tempat tinggalnya di dekat teras rumah salah satu penduduk setempat, yang kemudian menggigit anak bayi pemilik rumah dan mengakibatkan luka sangat fatal yang berujung kematian. Si pria yang tengah berduka atas kehilangannya ini, memutuskan untuk membunuh ular itu.

Keesokan harinya pria ini menunggu di dekat lubang, hingga ketika ular tersebut keluar untuk mencari makanan, dia segera mengayunkan kapak mencoba memotong tubuh ular. Namun karena terlalu tergesa-gesa dia pun meleset, dia hanya memotong ujung ekornya dan bukan kepalanya.

Setelah beberapa saat berlalu, pria ini mulai khawatir, dia takut apabila ular ini akan balik menggigitnya pula, dan demi berusaha untuk mendamaikan keadaan dia pun meletakkan roti dan garam di lubang ular itu.

Melihat hal ini, ular tersebut berkata: "Mulai sekarang takkan bisa ada perdamaian antara kita; karena disaat aku melihatmu, aku akan teringat tentang ekorku yang putus, dan sementara saat engkau melihatku, kamu akan berpikir tentang kematian anakmu."

***

Dari dongeng di atas menggambarkan bagaimana ketika kita dilukai oleh seseorang, kita takkan pernah bisa benar-benar melupakan luka itu ketika berhadapan lagi dengannya. Apakah hal ini benar? Bisa ya, bisa tidak. Semuanya kembali lagi ke pribadi masing-masing, apakah kita seseorang yang berhati besar atau justru seorang pendendam. Dan dalam beberapa kasus, mudah atau tidaknya ini tergantung pula seberapa besar orang itu telah menyakiti kita. Namun terlepas dari hal itu, berikut beberapa tips bagaimana caranya untuk memaafkan orang lain. Karena memaafkan orang lain memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan jiwa kita.

Forgive the act, Forgive the person

Untuk memaafkan seseorang itu berarti kita harus benar-benar melepaskan setiap rasa kebencian kita terhadapnya. Ingat, memaafkan perbuatan seseorang terhadap kita dan memaafkan si pelaku perbuatan itu adalah dua hal yang berbeda. Walau tak pernah kita sadari seringkali kita memaafkan perbuatan dia, namun di sudut hati terkecil, kita justru belum memaafkan orang yang berbuat salah ini, atau justru sebaliknya. Di sinilah masalah awal yang harus kita tuntaskan.

Jika satu saat orang ini datang untuk meminta maaf, janganlah terburu-buru mengambil keputusan. Katakan padanya bahwa anda membutuhkan waktu untuk berpikir. Memikirkan tentang seberapa besar anda telah terluka akibat perbuatannya. Tahu tidak, terkadang ada beberapa dari kita yang bersikap munafik pada diri sendiri, mencoba membohongi diri bahwa kita baik-baik saja, kita tidak terluka, everything is fine. Jangan lakukan itu! Cobalah jujur pada diri sendiri. Terimalah bahwa anda telah dilukai. Oleh siapa, seberapa besar dan bagaimana dia telah menyakiti anda, renungkanlah semua.

Dan setelahnya anda bisa mengambil langkah selanjutnya, yaitu mencoba memahami dia yang telah menyakiti anda. Semua manusia saat baru pertama kali terlahir di dunia ini, tak ada satupun yang memiliki keinginan untuk menyakiti orang lain, baik itu secara fisik maupun batin. Jadi apa yang terjadi bertahun-tahun kemudian ketika dia mulai menyakiti orang lain? Mungkin itu akibat luka yang juga pernah dialaminya. Yang kemudian melampiaskan rasa sakitnya dengan menyakiti orang lain lagi, dan itu adalah merupakan pilihan yang salah. Jadi apakah anda akan membiarkan diri anda menyimpan dendam seperti itu dan mengambil tindakan yang sama?

Face to face.

Pada akhirnya setelah anda merasa cukup siap untuk berhadapan dengannya. Maka ajaklah dia untuk bertemu, ajaklah dia untuk membahas apa yang telah terjadi. Tidak selamanya pihak yang bersalah yang harus membuka jalan . Kita sebagai korban jika memiliki hati yang besar, tak ada salahnya memulai percakapan. Jangan menunggu seseorang meminta maaf terlebih dahulu baru anda mengambil aksi, karena tidak selamanya orang yang bersalah itu akan mengucapkan kata maaf, mungkin karena dia memang tidak menyadari kesalahannya atau bisa juga karena dia merasa segan untuk bertemu dengan anda setelah apa yang dia perbuat terhadap anda. Di sinilah kita harus berperan lebih jauh. Jadi jika anda memang telah merasa siap, berbincang lah dengan dia.

Take things slowly.

Persoalan memaafkan, bukanlah sesuatu yang bisa diselesaikan dalam satu waktu saja. Ibaratnya seperti lapisan pada bawang, tiap kali kita mengupas nya, akan memberikan kita rasa pedih, marah, namun kita terus saja mengupas nya. Sama halnya dengan memberi maaf ini yang harus terus kita renungkan dalam hati dan pikiran kita berulang-ulang untuk mengikis rasa benci dan amarah, meskipun pedih, meskipun pahit. Namun perlahan-lahan saat lapisan-lapisan itu mulai menipis, proses ini akan menjadi lebih mudah.

Kata bijak:

Dia yang lemah tak pernah bisa memaafkan. Memaafkan itu adalah sifat mereka yang kuat.

Mahatma Gandhi

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:02 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf