lihat juga

Sunday, December 16, 2012

Gambar Terbaik Astronomi 2012 Versi National Geographic

Astronesia-Berikut ini adalah foto terbaik tentang astronomi sepanjng tahun 2012 versi National Geographic.

Berikut Fotonya:

1. Nebula Helix (Januari)

http://astronesia.blogspot.com/

Karat berwarna dari sisa-sisa bintang seperti matahari kita, Nebula Helix seperti mata dan mencurahkan cangkang dari gas dan debu ke ruang angkasa.

2. Pertunjukan Cahaya Selatan

http://astronesia.blogspot.com/

Dari sudut pandang mereka yang tinggi di atas Bumi tepatnya di atas Samudera Hindia pada bulan maret,astronot di Stasiun Antariksa Internasional mampu menangkap saat fajar terbit(kiri) dan aurora malam hari dalam satu frame., gambar ini juga menunjukkan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia (tengah) yang sedang memasok dan merapat di stasiun.

3.Penyihir Broom

http://astronesia.blogspot.com/

Citra sisa-sisa supernova yang disebut Witch's Broom menerima pujian tinggi dalam kategori Deep Space di Fotografer Astronomi 2012 dari kompetisi Tahunan, yang hasilnya diumumkan pada bulan September.

Diambil oleh American Robert Franke, gambar menunjukkan puing-puing hamburan dari bintang Bima Sakti yang meledak beberapa ribu tahun yang lalu. Filamen kosmik ini merupakan bagian dari Nebula Veil, salah satu dari sisa-sisa supernova terbesar di langit.Filamen ini terletak sekitar 1.400 tahun cahaya di konstelasi Cygnus.

4. Aurora Arktik

http://astronesia.blogspot.com/

Formasi cahaya yang paling terkenal di Bumi tergantung di atas lanskap yang tampak jenuh oleh cahaya bulan purnama di Longyearbyen, Norwegia, pada bulan Juni.

Para fotografer, yang baru saja mengirimkan gambar ini ke National Geographic, mengatakan bahwa itu adalah cahaya utara paling indah yang pernah disaksikan. Disebut sebagai aurora borealis di sekitar Lingkaran Arktik, pertunjukan cahaya juga muncul di lintang kutub selatan, di mana ia dikenal sebagai aurora australis.

5. Frosty Mars 

http://astronesia.blogspot.com/

Gaambar ini mungkin tampak seolah-olah ada seseorang yang memahat bentuk merpati di pasir Mars. Tapi gambar ini dari NASA Mars Reconnaissance Orbiter, dirilis pada April, menunjukkan bukit pasir alami terbentuk di wilayah kutub utara planet merah itu, yang berlapis dan berbintik-bintik oleh es yang mencair di musim dingin.

Daerah putih menunjukkan di mana es halus masih ada di bukit kutub.Sementara itu bintik hitam kemungkinan besar terbuat dari sedimen dibawah oleh "geyser" karbon dioksida yang dibebabkan oleh mencairnya lapisan es, atau berbelok langsung dari bentuk solid menjadi gas.

6. Gerhana Yang "Senyum"

http://astronesia.blogspot.com/

Sebuah gerhana matahari yang berbentuk cakram berubah menjadi bentuk senyuman jingga yang indah.Gambar ini di ambil di atas Gumaca di Filipina pada bulan Mei.

Meskipun matahari hanya menutupi separuh di gambar ini,gerhana yang disebut gerhana annular ini melanjutkan untuk menciptakan sebuah "cincin api" untuk langit di bagian Asia dan Barat AS.

7.Space Self-Portrait

http://astronesia.blogspot.com/

Astronaut Edwin "Buzz" Aldrin memotret diri sendiri saat berjalan di luar angkasa selama misi NASA Gemini 12 pada bulan November 1966.

8. Helm Thor

http://astronesia.blogspot.com/

Sebelum ia bergabung dengan Avengers, Thor mungkin perlu untuk mengambil helmnya yang mengambang di angkasa 15.000 tahun cahaya jauhnya.

Juga dikenal sebagai NGC 2359, Helm Thor adalah nebula yang ditemukan di rasi Canis Mayor.Seperti yang terlihat dalam gambar ini yang diambil oleh Cerro Tololo Inter-American Observatory pada bulan Mei di Chile,tampak awan kosmik dari debu dan gas sedang terbentuk seperti helm bersayap dengan curahan radiasi dari bintang-bintang besar di dalam.

 Sumber: National Geographic

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:43 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf