lihat juga

Monday, December 3, 2012

Galaksi Paling Terang, Bintangnya Bisa Dihitung

Galaksi ESO 318-13. Bintang paling terang di bagian tengah sebenarnya berada di Bimasakti, namun tampak terang karena letaknya yang lebih dekat dari Bumi.

Astronesia-Galaksi yang biasanya tampak seperti kabut tampil begitu terang dan jelas dalam citra teleskop Hubble milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan European Space Agency (ESA).

Galaksi yang dicitrakan bernama ESO 318-13. Saking terangnya, galaksi itu dijuluki "glittering galaxy" atau galaksi yang berkilau. Bintang yang berada di galaksi itu hampir bisa dihitung.

Dalam citra Hubble, ESO 318-13 memang objek utama yang ingin ditampilkan. Namun, gambar juga menyajikan betapa galaksi itu hanya sebagian kecil dari semesta.

Citra menunjukkan, beberapa bintang yang sebenarnya tidak berada di galaksi itu juga terlihat. Contohnya, bintang yang pada gambar di atas tampak berada di tengah.

"Ini adalah tipuan perspektif. Bintang itu sebenarnya ada di Bimasakti, galaksi kita, dan itu bersinar terang karena letaknya yang lebih dekat dibandingkan ESO 318-13," demikian dinyatakan European Space Agency.

Diberitakan Daily Mail, Senin (3/12/2012), gambar juga menyajikan objek serupa piringan yang sebenarnya merupakan galaksi-galaksi yang lebih jauh.

Citra galaksi berbentuk elips juga berhasil ditangkap bersama galaksi lain berbentuk spiral yang akan menjadi target observasi para astronom. 

Sumber: Kompas.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:14 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf