lihat juga

Monday, December 10, 2012

Bola Api Meteor Di Texas Tertangkap Video

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Sebuah bola api hebat menerangi langit awal Jumat (Desember 7) pagi ketika meteor masuk atmosfer bumi di Texas. Meteor ini ditangkap dalam video amatir dan Observatorium NASA di New Mexico.NASA menegaskan bahwa meteor itu bukan bagian dari hujan meteor Geminid yang akan muncul akhir pekan ini, namun kemungkinan besar asteroid ini berasal dari sebuah fragmen dari sabuk asteroid.

"Pagi ini pukul 06:43 di Central Standard Time, saksi mata di Texas dan negara-negara yang berdekatan melihat bola api yang sangat terang melesat di langit, bergerak sekitar timur ke barat," Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Meteor NASA di Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, menulis dalam sebuah pernyataan."Peristiwa itu juga direkam oleh kamera meteor NASA di Mayhill, New Mexico sekitar lima ratus mil (805 kilometer) di sebelah barat, yang sangat tidak biasa dan menyaksikan fenomena itu."

Meteor adalah fragmen berbatu dari sebuah asteroid atau komet yang memasuki atmosfer bumi. Setelah masuk, gesekan yang disebabkan oleh dampak kecepatan tinggi meteor dengan partikel atmosfer yang  memanaskan meteor, menyebabkan sebagian besar meteor terbakar di atmosfer.Meteor besar dapat meledak dari panas, menciptakan bola api besar.Ledakan ini terang dan dapat dilihat bahkan di siang hari dan kadang-kadang cukup keras untuk didengar hingga 30 mil (48 km) jauhnya. Bola api lainnya baru-baru ini terlihat di California Utara, Inggris dan Ontario, Kanada.

Laporan awal dari NASA menunjukkan bahwa mungkin ada meteorit dari meteor ini yang sampai di tanah utara dari Houston (meteor menjadi meteorit ketika sampai di bumi), peneliti saat ini bekerja untuk mempersempit wilayah dampak meteor.Jika potongan dari batu ruang angkasa mencapai tanah, maka akan dihitung sebagai meteorit ke-13 yang jatuh di Texas sejak tahun 1909.

Awal tahun ini, para ilmuwan yang bekerja di Kanada barat Arktik menemukan kawah besar yang terbentuk ketika meteorit menabrak Bumi sekitar 130.000.000-350.000.000 tahun yang lalu.Pada tahun 2011, sebuah meteorit Mars langka yang terbentuk ketika sebuah asteroid menabrak permukaan Mars jatuh ke gurun di Maroko - potongan meteorit itu, bernama Tissint, telah memiliki harga tinggi di pasar internasional untuk meteorit.

Berikut videonya:



Sumber:Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:27 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf