lihat juga

Monday, December 3, 2012

5 Fakta Menarik Tentang Pesawat Ruang Angkasa Voyager

http://astronesia.blogspot.com/
Satelitte Voyager

Astronesia-Pesawat kembar ruang angkasa NASA Voyager diluncurkan pada akhir tahun 1970 untuk mengeksplorasi planet di tata surya kita seperti Jupiter,Saturnus,Uranus dan Neptunus.Tapi sekarang, hampir 34 tahun kemudian, dua pesawat ruang angkasa dalam perjalanan keluar dari lingkungan tata surya kita, dan siap mengetuk pintu ruang antarbintang.

Pesawat ruang angkasa, yang disebut Voyager 1 dan Voyager 2, yang dibangun oleh Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, yang terus beroperasi dengan baik.

Berikut ini beberapa fakta mengenai pesawat luar angkasa Voyager:

1. Benda Buatan Manusia Yang Paling Jauh Dari Bumi

Voyager 2 diluncurkan pada 20 Agustus 1977, dan Voyager 1 diluncurkan sekitar dua minggu kemudian, pada 5 September. Sejak saat itu, pesawat ruang angkasa telah bepergian di sepanjang jalur penerbangan yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda.

Sekarang dengan jarak sekitar 10,8 miliar mil (17,4 miliar kilometer) dari matahari dan meluncur ke arah ruang antar bintang, Voyager 1 adalah objek terjauh buatan manusia dari Bumi.Sementara Voyager 2 berjarak sekitar 8,8 miliar mil (14,2 miliar km) dari matahari.

2. Masih Mengirimkan Data

Kedua Pesawat ini masih mengirimkan informasi ilmiah tentang lingkungan mereka melalui Jaringan Antariksa Dalam NASA. Sebuah sinyal yang dikirim dari bumi, bepergian dengan kecepatan cahaya, membutuhkan waktu sekitar 13 jam untuk mencapai Voyager 2, dan 16 jam untuk mencapai Voyager 1.

3. Mengeksplorasi Planet

Misi lima tahun utama Voyagers termasuk mengeksplorasi dari dekat planet Jupiter dan Saturnus, cincin Saturnus serta bulan yang besar dari dua planet ini. Dan misi ini diperpanjang setelah sukses.

Dua pesawat ruang angkasa telah meneliti semua planet raksasa di tata surya kita - Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus - serta 49 bulan, dan sistem cincin dan medan magnet planet tersebut.

Misi Voyager saat ini direncanakan untuk mengeksplorasi tepi terluar dari sistem tata surya kita dan akhirnya meninggalkan lingkup matahari dan memasuki ruang antar bintang.

4. Membawa Pesan Untuk Alien

Kedua pesawat ruang angkasa Voyager membawa pesan yang direkam dari Bumi pada piringan hitam emas - 12-inch, berlapis emas tembaga pada disk. Sebuah komite diketuai oleh astronom Carl Sagan akhir memilih isi catatan untuk NASA.

Catatan dalam piringan tersebut merupakan kumpulan budaya bumi yang di tujukan bagi kehidupan lain yang berada di ruang antar bintang jika suatu hari Voyager menemukannya. Berisikan gambar dan suara alam, salam yang diucapkan dalam 55 bahasa dan pilihan musik dari berbagai budaya dan era.

Terdapat ucapan salam serat lagu dalam Bahasa Indonesia,Lagu yang beruntung itu adalah Indonesia "Puspawarna" ("Beragam Bunga") Gamelan Keraton Pura Paku Alaman di bawah pimpinan K.R.T. Wasitodipuro Robert E. Brown Gamelan 4:43 

5. Voyager Dalam Perjalanan Ke Dunia Baru/Ruang Antar Bintang

Voyager 1 telah mencapai titik yang jauh di tepi tata surya kita, di mana gerakan lahiriah dari angin matahari berhenti.Peristiwa ini merupakan tonggak terbaru dalam bagian Voyager 1 melalui heliosheath, pengaruh kulit luar bola matahari, sebelum memasuki ruang antar bintang. Ruang antarbintang dimulai pada heliopause, dan ilmuwan memperkirakan Voyager 1 akan menyeberangi perbatasan ini dalam lima tahun ke depan.

Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:47 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf