Suzuki FX125, Underbone Titisan FXR150, Si DOHC 4-valve Dalam Wujud Bebek 125cc …


Namun, tahukah kalo mesin DOHC 4-valve yang legendaris tersebut juga pernah diaplikasikan pada sebuah motor bergenre Underbone alias Motor bebek? Jawabnya adalah Suzuki FX125, sebuah motor bergenre underbone ato disini disebut bebek dengan kapasitas mesin 125cc dan seperti yang sudah saya sebutkan panjang lebar pada prolog di atas, mesin Suzuki FX125 diwarisi oleh mesin DOHC 4-valve ala Suzuki FXR150, maka dari itu saya sebut Suzuki FX125 adalah titisan dari Suzuki FXR150.


Sayangnya, secara keseluruhan desain, saya masih kurang sreg dengan desain Suzuki FX125 yang nampak wagu serta kurang proporsional, entah mungkin para insinyur Suzuki kurang pinter dalam mendesain mesin. Desain FX125 malah seperti Shogun 110 lawas alias Shogun Kebo, yang saya rasa kurang mewakili performa mesinnya, ato istilahnya desain tak segahar mesinnya.
Sekedar tambahan, akhirnya Suzuki mengubah total penampilan Suzuki FX125 menjadi motor bergenre ayam jago, yaitu Suzuki FU125 alias Suzuki Raider 125 yang sempat mencicipi aspal sini via CBU. Kalo saya perhatikan, ubahan yang terjadi dari FX125 ke FU125 hanyalah pada desain bodi saja, serta posisi setang yang dibikin semi sport, sementara untuk rangka utama dan mesin, saya kira masih sama pleg antara keduanya. Hanya ubahan pada electric starter yang ada pada FX125, tetapi dihilangkan pada Raider 125, kalo gak percaya tengok saja bagian atas mesin Raider 125 kalo ketemu Raider 125 di parkiran, ntar ada semacam “lowongan” untuk dudukan dinamo starter. Oiya, tak lupa Raider 125 sudah melengkapi diri dengan double disk brake alias aplikasi rem cakram pada roda depan dan belakang

sama kan?

Memang si FX125 ini tidak masuk ke negeri kita Indonesia, namun kita tetep bisa mencicipi performa ala DOHC 4-valve 125cc identik dengan titisan FXR150 ini melalui generasi penerusnya, Raider 125 yang berkeliaran disini meski cuman jadi makhluk sangat langka di jalanan (lebih langka dari FXR dan RK-Cool). Kemudian kalo gak salah dulu ada juga pabrikan China yang mengkloning si FX125, kalo gak salah Zong Shen (lupa serinya). Hehe
Semoga bermanfaat
Salam Coolrider Fixer
Spesifikasi Suzuki FX125
DIMENSIONS | |
---|---|
Overall length | 1955 mm |
Overall width | 680 mm |
Overall height | 1080 mm |
Engine | Specification |
Engine type | Air – Oil Cooled, DOHC 4-Valve, 4-Stroke |
Bore × stroke | 57.0 × 48.8 mm |
Displacement | 124.5 cc |
Compression ratio | 10.2 : 1 |
Starting system | Kick and electric |
Maximum horsepower | 13.3 hp @ 10,500 RPM |
Lubrication system | SACS (Suzuki Advanced Cooling System) |
Fuel tank capacity | 4.6 L |
Fuel consumption | 40–50 km/L |
Chasis and suspension | |
Chassis | Twin-Spar Underbone |
Suspension, Front | Telescopic Coil Spring, Oil-damped Fork x 2 |
Suspension, Rear | Mono Shock, Coil Spring, Oil-damped w/preload adjustment |
Brakes – Front | Disc brake w/twin piston caliper |
Brakes – Rear | Drum brake |
0 comments:
Post a Comment