lihat juga

Sunday, June 10, 2012

Sudono Salim Tutup Usia

Siapa yang tidak kenal Sudono Salim atau Liem Soei Liong , usahawan sukses kelas dunia. Ia mendirikan Grup Salim. Grup ini, antara lain melahirkan Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, Bogasari, Bank Central Asia, dan lain-lain. Pria yang akrab disapa Om Liem ini juga pernah menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia. Bahkan, ia sempat masuk daftar "100 Orang Terkaya di Dunia".

Sudono Salim atau Liem Sioe Liong (Hanzi: 林紹良, pinyin: Lin Shaoliang) (lahir di Tiongkok, 10 September 1915; umur 96 tahun). Ia dikenal luas masyarakat dekat dengan mantan Presiden ke-2 Indonesia Soeharto.

Sepuluh tahun terakhir, Om Liem banyak menghabiskan waktunya menetap di negeri jiran, Singapura. Om Liem mulai hijrah ke Singapura setelah pecahnya kerusuhan Mei 1998.

Peristiwa tersebut menjadi catatan kelam Om Liem. Betapa tidak, rumahnya yang berada di Jl Gunung Sahari, Jakarta, ikut diobrak-abrik dan porak-poranda diamuk massa.

Sejak saat itu, bos Indofood ini trauma dan hengkang ke Singapura. Selama berada di Singapura, kendali bisnis sejumlah perusahaannya di Indonesia dipegang oleh anaknya yakni Anthony Salim dan menantunya Franciscus Welirang.

Om Liem punya bakat dan naluri bisnis yang luar biasa. Ia memiliki watak pekerja keras, pantang menyerah, dan tekun. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sebuah koran ibukota yang memuat tentang kiat-kiat beliau untuk menjadi seorang pengusaha :

Jika ingin sukses, jangan berpangku tangan saja. Semasa muda, bekerjalah habis-habisan. Bersemangatlah dan efektif dalam menggunakan waktu. Jangan cuti lama-lama, jangan selalu jalan-jalan, dan jangan tidur cepat! Jangan pula mudah menyerah pada kesulitan.

Bagaimana kalau gagal dalam usaha? Jangan putus asa. Bangun lagi dengan kiat baru! Begitu seterusnya hingga Anda menemukan formula paling pas untuk sukses. Kalau Anda mudah putus asa, sebaiknya jadi pekerja saja, jangan jadi usahawan...!

Selain itu, jadilah pengusaha yang memiliki karakter yang baik. Orang yang sukses dengan cara curang, pasti akan segera gulung tikar karena orang-orang/publik menolaknya. Oleh karena itu, lebih baik untung lebih sedikit, namun diusahakan secara jujur dan ikhlas. Kita bisa tidur lebih nyenyak dan tidak punya beban.

"Memang benar, seorang pengusaha harus banyak akal," kata Om Liem. "Tapi, jangan curang. Jangan ambil milik orang lain."

Terakhir, Om Liem mengingatkan: rajinlah membantu fakir miskin. Tujuannya, agar jiwa kita terasah untuk selalu berbagi.


Hari ini Minggu (10/6/2012) sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Sudono Salim alias Liem Sioe Liong wafat dalam usia 96 tahun di Singapura.

Selamat Jalan Om Liem




Denaihati


ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:22 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf