lihat juga

Saturday, June 9, 2012

MotoGP 800cc Versus 1000cc

Kembalinya mesin 1000cc di kelas MotoGP memang ditunggu oleh semua pihak, namun juga ada yang mencemaskan mengenai top speed yang bisa menyentuh 350 km/jam dimana kecepatan ini kemungkinan besar bisa didapatkan di sirkuit Silverstone yang memiliki trek lurus terpanjang dalam kalender MotoGP. Tapi apakah ekstra 200cc ini lebih cepat? Mari kita analisa!

Yang harus kita ingat, walaupun terjadi peningkatan volume silinder, namun kapasitas bahan bakar tetap 21 liter dan diameter piston tetap 81 mm. Selain itu berat minimum motor juga meningkat 4 kg dari 152 kg menjadi 157 kg. Hal ini sengaja dilakukan untuk membatasi performa dari mesin 1000cc yang ternyata tetap dapat mengungguli mesin 800cc di trek lurus karena memiliki torsi yang lebih besar pada putaran rendah sebab memang dengan torsi yang melimpah di putaran bawah akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan top speed yang lebih tinggi pada lintasan lurus yang terbatas.

Walaupun mesin 1000cc lebih bagus dalam hal top speed, tapi tidak demikian dalam hal lap time karena memiliki corner speed yang lebih rendah dari mesin 800cc. Tentu saja sebenarnya sulit untuk membandingkan hasil dari tahun tertentu terhadap tahun berikutnya karena pastinya ada perbedaan kondisi operasi seperti kondisi trek dan cuaca pada saat balapan. Jadi kita lihat saja nanti di Silverstone nanti :)

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:45 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf