lihat juga

Friday, April 29, 2011

Grand Prix MotoGP Paling Dramatis

Grand Prix Portugal pada tahun 2006 silam masih menjadi salah satu balapan yang paling dramatis di era MotoGP. Balapan keenambelas dari delapan belas seri pada kejuaraan dunia tahun 2006 ini menyuguhkan full action dari awal hingga balapan berakhir yang menghasilkan victory battle diantara Kenny Roberts, Valentino Rossi dan Toni Elias.

Banyak hal yang terjadi dalam balapan tersebut yang masih menjadi landmark hingga saat ini.

Berikut ini adalah kesimpulan yang berisi momen penuh makna pada balapan di Estoril 2006:

# Dunia balap motor terperangah ketika Nicky Hayden terjatuh dari RC211V miliknya karena kesalahan rekan satu timnya, Dani Pedrosa, yang kehilangan grip ban depannya saat menyalip Hayden dari tikungan sebelah dalam.

# Kecelakaan tersebut merupakan satu-satunya gagal finish / DNF (Did Not Finished) Hayden pada musim kemenangannya.

# Toni Elias mendapatkan kemenangan pertamanya dan terakhirnya di kelas MotoGP hingga saat ini.

#Elias memenangkan balapan dengan jarak 0,002 detik, dan ini merupakan gap paling tipis yang pernah tercatat sejak diperkenalkannya perhitungan waktu secara elektrik yang sangat akurat.

# Kemenangan Elias juga merupakan momen terakhir dimana tim satelit (Honda Gresini) memenangkan balapan MotoGP. Karena kemenangan inilah Elias yang berada di ujung tanduk akhirnya mendapatkan tunggangan di musim 2007.

# Balapan MotoGP berikutnya yang dimenangkan pada lap terakhir terjadi di Catalunya pada tahun 2009, ketika Valentino Rossi menyalip Jorge Lorenzo di tikungan terakhir. Hal ini pasti akan selalu berada dalam memori kita :)

# Finish di urutan kedua di Estoril pada musim 2006 membawa Rossi menjadi pemuncak klasemen untuk pertama dan terakhir kalinya pada musim 2006, setelah tertinggal sejauh 51 poin dari Hayden setelah seri kesebelas dari tujuh belas seri yang ada.

# Rossi kehilangan gelar juara dunia 2006 dengan defisit lima poin karena terjatuh pada balapan terakhir di Valencia.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:26 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf