lihat juga

Thursday, February 17, 2011

Stoner: "Honda mengejutkanku pada setiap lap" (Part 2)

Kita telah melihat bahwa ada tiga pembalap Honda yang berbeda yang menjadi pembalap tercepat pada tiga hari ini. Bagaimana menurutmu..?

"Saat ini aku berfokus pada diriku. Biasanya pada akhir setiap hari kami menggunakan ban lunak untuk mencoba mencatatkan waktu tercepat, kami juga lebih fokus pada bagian lain agar mendapatkan perasaan sempurna dengan motor. Setiap saat adalah berbeda dan aku tidak bisa melakukan putaran cukup banyak untuk merasa nyaman dengan motor, karena kami memiliki cukup banyak komponen untuk dicoba dalam waktu terbatas. Pada hari terakhir aku merasa jauh lebih santai dan catatan waktu yang baik lebih mudah didapatkan, sementara semuanya berjalan dengan lebih baik."

Apakah kamu sudah merasa percaya diri dengan bagian depan motor jika dibandingkan dengan yang kamu alami tahun lalu?

"Ya, jauh lebih percaya diri. Honda membutuhkan gaya berkendara yang berbeda jika dibandingkan dengan Ducati. Jelas bahwa Ducati bukanlah motor yang lambat karena dengan Ducati aku telah memenangkan lebih banyak balapan daripada yang lainnya dalam empat tahun terakhir ini, tapi itu berbeda. Misalnya, kami memiliki banyak masalah dengan suspensi Ducati, terutama pada trek ini. Kemudi juga sangat dekat pada tikungan panjang, karena banyak titik pengereman jadi kami sedikit kesulitan. Kebalikannya, dengan Honda aku merasa fantastik. Pada hari Kamis aku terjatuh karena aku kehilangan grip pada ban depan, tapi itu sekali saja dan tidak akan terjadi lagi. Ini sangat berbeda dengan sebelumnya."

Apakah kamu berpapasan dengan pembalap Yamaha di trek dan bisakah kamu membandingkan mereka dengan pembalap Honda?

"Aku tidak berpapasan dengan siapapun di trek. Aku melihat seorang test rider, tapi aku tidak cukup dekat sehingga aku tidak bisa mengetahui bagaimana mereka berkendara. Kami harus menunggu hingga balapan dimulai karena aku tidak ingin mengikuti pembalap manapun dan kebanyakan dari mereka juga tidak ingin diikuti pembalap lain. Sulit untuk menemukan seseorang di trek ketika kamu sedang melakukan uji coba dan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, terutama ketika kamu sedang mencoba suatu komponen, kamu tidak akan tahu apakah dia merasa nyaman dengan yang dicobanya ataukah tidak. Kamu tidak akan bisa mendapatkan kesimpulan apapun."

Apakah kamu sudah mengetes ban?

"Ya, walaupun tidak ada peningkatan yang signifikan karena ini memang bukan tujuan dari tes ini, hanya sedikit perubahan. Aku lebih suka dengan komponen standar yang telah kami gunakan hingga saat ini. Komponen yang lebih keras kelihatannya sedikit lebih mudah diprediksi. Mereka berusaha untuk mendapatkan semua data dan kami akan mencoba lebih banyak lagi pada tes berikutnya."

Apakah kamu mencoba suspensi?

"Tidak, kami sama sekali tidak menyentuh setelannya, karena lebih baik fokus pada hal yang telah kami lakukan. Pada tes berikutnya kami akan meningkatkan cara berkendara dan akan menguji suspensi juga."

Bagaimanakah Honda RC212V? Apakah sesuai dengan yang kamu harapkan?

"Rasanya aneh. Tes pertama di Valencia aku menduga beberapa hal akan berjalan lebih baik dari dari biasanya, tapi malahan lebih buruk. Aku mengira akan mengalami kesulitan dipengereman tapi ternyata tidak ada masalah. Aku fikir akselerasinya akan sangat bertenaga dari putaran bawah, ternyata mesinnya lembut dan manis. Banyak hal lain juga yang tidak seperti dugaanku. Aku sangat senang dengan apa yang aku rasakan, dan ternyata lebih sedikit lebih baik daripada yang aku rasa. Jadi aku sangat senang dengan paket ini."

Sebelum kamu juga ada pembalap Australia, Mick Doohan, yang terbalut dalam warna Repsol Honda Teams. Bagaimana perasaanmu pertama kali saat kamu bercermin dengan kostum Repsol?

"Sedikit berbeda ketika Doohan menggunakan kostum Repsol, tapi untukku, menjadi bagian tim ini memiliki arti segalanya. Ini adalah tim resmi HRC dan Repsol. Ini adalah tim yang hebat dan berada di sini dengan dua pembalap lainnya adalah hal yang menakjubkan. Terasa menarik karena pada saat Mick di sini ada tiga pembalap dan sekarang ketika aku datang ke sini, sejarah terulang kembali. Aku sangat gembira pada musim ini dan juga mengikuti jejak Mick Doohan. Ini adalah keistimewaan bagiku."

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:52 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf