lihat juga

Friday, December 28, 2012

Trik Menaikan Kompresi Mesin Motor



Menaikan kompresi salah satunya dengan cara mencopot ring pada busi agar kompresi bisa dinaikan. Memang masuk akal karena secara teknis kepala busi lebih masuk ke dalam dan akan mengurangi volume ruang bakar sehingga rasio kompresi sedikit naik.
Tetapi anda perlu ingat bahwa fungsi ring mencegah busi tidak
kendur karena getaran mesin. Jika sampai terjadi maka kompresi akan turun dan tenaga motor malah akan melemah. Sebaliknya, jika busi dikencangkan kuat risikonya lubang ulir slek dan lebih buruk lagi.
Ada cara yang lebih baik dengan tetap memasang ring busi. Caranya adalah melepas dulu busi dari mesin atau sediakan busi baru. Pada badan busi ada dudukan ring, lakukan pemotongan setebal 1,5 mm.
Untuk urusan ini, anda bisa serahkan pada bengkel bubut. Kalau sudah selesai pasang lagi di mesin, tentunya ring busi akan lebih mendem atau lebih dalam. Yang perlu anda ingat adalah membuka-memasang busi sebaiknya lakukan dalam kondisi mesin dingin.
Dijamin kompresi naik dan busi tidak akan kendur serta bunga api akan semakin cepat membakar campuran bahan bakar dengan udara. Karena posisi pemantik api itu jadi lebih masuk ke dalam.
Bagi yang khawatir kepala piston atau klep terbentur busi, sebelum menghidupkan mesin coba lakukan langkah berikut. Buka penutup pada blok mesin sebelah kiri, lalu putar kruk-as dengan kunci T 14 sampai 4 kali putaran. Jika tidak ada benturan maka menandakan mesin motor anda aman untuk dihidupkan atau dinyalakan.

Demikian pembahasannya soal menaikan kompresi mesin motor semoga bermanfaat untuk anda dan tenaga motor anda bisa bertambah, temukan info menarik tentang modifikasi motor trail



Temukan artikel terkait:  Tips Perawatan Tangki Motor

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 1:13 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf