lihat juga

Saturday, December 1, 2012

Pengertian Sel

Pengertian Sel

Pengertian Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup. Definisi tentang pengertian sel tersebut mungkin sedikit sukar untuk dipahami, oleh karena itu definisi Sel dapat kita sederhanakan. Sel adalah satuan terkecil penyusun Mahluk HidupTubuh kita (manusia) terdiri dari beribu-ribu atau bahkan berjuta sel-sel, begitu pula dengan Tumbuhan dan Hewan. Gambar sel hewan dan tumbuhan dapat dilihat dibawah ini:


gambar sel tumbuhan dan sel hewan
gambar sel hewan dan sel tumbuhan
Menurut Campbell di bukunya yang berjudul Biologi jilid 1 (edisi ke delapan). Sel berasal dari kata “cella ” yang berarti ruangan berukuran kecil. Maka sel merupakan unit ( kesatuan zahra ) terkecil organisasi yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologi. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, karena itulah sel dapat berfungsi secara autonomy asalkan kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Organime Multiseluler dan Organisme Uniseluler

Organisme (Mahluk Hidup) yang terdiri dari banyak sel disebut Multiseluler, contohnya adalah Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Sedangkan Organisme yang hanya memiliki satu sel saja disebut Uniseluler, contohnya adalah bakteri dan ganggang. Jadi Dapat disimpulkan bahwa Organisme Multiseluler adalah organisme yang tubuhnya terdiri dari banyak sel sedangkan Organisme Uniseluler adalah organisme yang hanya memiliki satu sel saja sebagai penyusun tubuhnya.

Perbedaan organisme multiseluler dan organesme uniseluler selain dari jumlah sel penyusun tubuhnya adalah Organime Multiseluler biasanya memiliki tubuh yang besar dan dapat dilihat oleh mata tanpa menggunakan alat bantu, sedangkan Organisme Uniseluler biasanya berukuran Mikroskopis dan harus menggunakan Mikroskop untuk melihatnya.


Apakah virus mempunyai sel?

gambar struktur virus (virus tidak mempunyai sel)
gambar struktur virus

Apakah virus mempunyai sel? jawabannya tentu tidak, karena virus adalah aseluler. Aseluler adalah tidak memiliki sel, hal ini lah yang menyebabkan perdebatan tentang masuknya Virus ke dalam mahluk hidup atau tidak. Karena Virus adalah organisme Aseluler, lalu bagaimanakah cara virus hidup dan berkembang biak? Pada dasarnya Virus tidak bisa bereproduksi sendiri karena tidak mempunyai sel dan Virus tidak bisa hidup tanpa sel inangnya. Karena tidak dapat hidup tanpa sel inang, virus juga tidak dapat berkembang biak tanpa sel inang. Kondisi virus tanpa sel inang sering disebut fase pasif atau beku.

Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pada dasarnya sel terbagi menjadi dua jenis, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotk. Sel prokariotik, merupakan tipe sel yang tidak memiliki sistem endomembran sehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran. Sel eukariotik memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran yang sering disebut sebagai membran inti.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian sel prokariotik dan eukariotik bisa dilihat pada link yang ada dibawah ini:

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:34 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf