lihat juga

Wednesday, December 12, 2012

Penemuan Galaksi Kuno Yang Mungkin Menjadi Galaksi Terjauh Yang Pernah Terlihat

http://astronesia.blogspot.com/
gambar baru dari kampanye Hubble Ultra Deep Field (HUDF) 2012  mengungkapkan populasi dari tujuh galaksi jauh, yang diamati saat mereka terbentuk dalam periode 350,000,000-600,000,000 tahun setelah big bang.
KREDIT: NASA, ESA, R. Ellis (Caltech), dan UDF Tim 2.012

Astronesia-Para astronom telah melihat tujuh galaksi yang terbentuk hanya beberapa ratus juta tahun setelah kelahiran alam semesta, termasuk salah satu yang mungkin tertua yang ditemukan sampai saat ini.Galaksi pemegang rekor potensial, yang dikenal sebagai UDFj-39546284,kemungkinan terbentuk ketika alam semesta berumur 380 juta tahun, kata para peneliti, dan mungkin galaksi ini menjadi galaksi terjauh yang pernah dilihat.

Sedangkan 6 galaksi jauh lainnya semua terbentuk sekitar 600 juta tahun dari Big Bang, saat alam semesta kita terbentuk 13,7 miliar tahun yang lalu.

Galaksi UDFj-39546284 pernah terdeteksi sebelumnya, dan peneliti berpikirgalaksi  itu terbentuk hanya 500 juta tahun atau lebih setelah Big Bang.Pengamatan baru, dibuat dengan menggunakan NASA Hubble Space Telescope, mendorong waktu pembentukannya kemungkinan yang kembali lebih jauh.

Tujuh galaksi ini merupakan galaksi yang dapat dipercaya terbentuk saat zaman pertama yang berkisar antara 400,000,000-600.000.000 tahun setelah kelahiran alam semesta, kata para peneliti.Sensus ini mendeteksi peningkatan yang stabil dalam galaksi selama periode ini, menunjukkan bahwa pembentukan bintang-bintang pertama dan galaksi atau yang disebut "Cosmik dawn" terjadi secara bertahap,bukan dengan tiba-tiba.

Kosmik awal itu mungkin bukan suatu kejadian dramatis yang tunggal kata pemimpin penulis studi Richard Ellis, dari Caltech di Pasadena, pada wartawan.

Ellis dan timnya mengarahkan Hubble pada sepetak kecil di langit yang dikenal sebagai Hubble Ultra Deep Field, teleskop itu diamati selama berjam-jam untuk membangun cahaya yang cukup untuk melihat obyek yang jauh dan sangat samar.Para peneliti menggunakan Hubble Wide Field Camera 3 untuk mempelajari bidang yang mendalam di dekat panjang gelombang inframerah selama bulan Agustus dan September 2012.

Para astronom menggunakan filter khusus untuk mengukur redshifts galaksi '- seberapa banyak cahaya objek itu telah membentang oleh perluasan ruang angkasa.Dari redshifts, para peneliti mampu menghitung jarak ke setiap galaksi, mengungkap usia mereka.

Hasilnya "mewakili akar kosmik kita," kata astronom Harvard Abraham Loeb, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.Hubble data baru "berasal dari penggalian arkeologi terbesar yang kita miliki dari alam semesta."

Tim hubble mendorong teleskop ini mencapai batasnya,dan teleskop ini mungkin tidak dapat melihat objek yang lebih jauh lagi dari itu,kata ellis.Tapi NASA James Webb Space Telescope, yang dijadwalkan untuk memulai misi pada tahun 2018, akan menggali lebih dalam lagi ke masa lalu alam semesta.

Studi baru ini telah diterima dan akan di publikasikan dalam The Astrophysical Journal Letters.

Sumber: Space.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:07 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf