lihat juga

Friday, December 7, 2012

Panorama Gugus Bintang Globular 47 Tucanae Di Dekat Awan Magellan Kecil

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Gugus bintang globular 47 Tucanae adalah sebuah permata dari langit selatan. Juga dikenal sebagai NGC 104, itu menjelajah halo dari Galaksi Bima Sakti kita bersama dengan sekitar 200 gugus bintang lainnya.Globular cluster dengan terang kedua(setelah Omega Centauri) seperti yang terlihat dari Bumi terletak sekitar 13.000 tahun cahaya dan dapat dilihat dengan langsung di dekat Small Magellanic Cloud (SMC)/Awan magellan kecil dalam konstelasi Toucan.

Sedangkan jarak SMC adalah sekitar 210.000 tahun cahaya, sebuah galaksi satelit dari Bima Sakti kita dan secara fisik dekat dengan 47 Tuc.Bintang di pinggiran SMC terlihat di kiri atas ini dari Pemandangan langit selatan yang luas.Di sebelah kanan bawah dengan sekitar diameter yang sama dengan Full Moon, klaster 47 Tuc yang padat terdiri dari beberapa juta bintang dalam volume hanya sekitar 120 tahun cahaya.

Jauh dari inti klaster yang cerah, raksasa merah 47 Tuc mudah untuk dikenali dengan bintang yang berwarna kekuningan.Globular klaster 47 Tuc juga rumah bagi x-ray eksotis sistem bintang biner.

Sumber: Apod-NASA

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:45 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf