lihat juga

Wednesday, December 19, 2012

Panorama Galaksi NGC 922 : Tabrakan Cincin Galaksi

http://astronesia.blogspot.com/
NGC 922

Astronesia-Mengapa galaksi ini memiliki begitu banyak lubang hitam besar? Tidak ada yang tahu.Apa yang pasti bahwa Galaksi NGC 922 adalah galaksi cincin yang dibentuk oleh tabrakan galaksi besar dan kecil sekitar 300 juta tahun yang lalu.

Seperti batu yang dilempar ke dalam kolam, tabrakan kuno ini mengirimkan riak gas bermassa tinggi keluar dari titik benturan dekat pusat yang sebagian dibentuk menjadi bintang.Gambarkan di atas adalah Galaksi NGC 922 dengan cincin yang indah dan kompleks di sepanjang sisi kiri, seperti yang dicitrakan baru-baru ini oleh Teleskop luar angkasa Hubble.Pengamatan dengan menggunakan Chandra X-ray Observatory menunjukkan beberapa kelompok sinar X-ray yang kemungkinan itu adalah lubang hitam besar.

Tingginya jumlah lubang hitam masif agak mengejutkan karena komposisi gas di NGC 922 yang kaya akan elemen berat .Penelitian ini terus di lanjutkan.Galaksi NGC 922 membentang sekitar 75.000 tahun cahaya dan terletak sekitar 150 juta tahun cahaya jauhnya, dan dapat dilihat dengan teleskop kecil kearah konstelasi tungku (Fornax).

Sumber: Apod NASA

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:22 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf