lihat juga

Wednesday, December 19, 2012

NASA Siapkan Lampu Tidur Bagi Astronotnya di ISS

http://astronesia.blogspot.com/
ISS

Astronesia-Masalah sulit tidur di luar angkasa bagi para astronot akan segera bisa ditanggulangi setelah NASA berencana memasang perangkat lampu dengan teknologi tinggi di ISS.

Dilansir MSNBC (16/12), lampu berteknologi tinggi ini nantinya akan menggantikan peran lampu pijar di ruangan khusus Astronot Amerika Serikat di ISS. Lampu yang rencananya akan dipasang pada 2016 ini bisa berubah warnanya mengikuti waktu yang ada. Hal ini akan membantu bagi para astronot untuk menyesuaikan diri mereka ketika tidur.

Lampu tersebut akan berganti-ganti warna menjadi kebiruan, putih, dan kemerahan seiring perpindahan waktu. Pemilihan warna ini akan mengontrol kadar melatonin dan melapsonin dalam tubuh sehingga para astronot bisa rileks dan nyaman ketika tidur.

Selain itu, NASA juga akan memberikan pelatihan bagi para astronot mereka sebelum diberangkatkan menuju ISS. Pelatihan ini nantinya juga akan berguna untuk mengantisipasi jet lag dan mempersiapkan mereka untuk selalu waspada bahkan di saat tidur sekalipun. Latihan ini nantinya juga akan dikolaborasikan dengan latihan serupa yang dilakukan di Jepang dan Rusia.

Sekitar setengah dari mereka yang berangkat ke luar angkasa mengalami masalah ketika akan tidur. Hal ini disebabkan karena bisingnya suara ISS dan tingginya tingkat karbon dioksida. Diharapkan nantinya pemasangan lampu seharga USD11,2 juta atau Rp107 miliar ini juga akan mampu menggantikan peran obat-obatan selama di luar angkasa.

Sumber: Merdeka.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:07 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf