lihat juga

Friday, December 7, 2012

Modul Sistem Informasi Manajemen Bab 6 (VI)

Modul Sistem Informasi Manajemen Bab 6 (VI)

Expert System
Expert System (Sistem Pakar)
Definisi Sistem Pakar 
Sistem berbasis pengetahuan yang menggunakan pengetahuan manusia untuk memecahkan masalah.

Bagian Utama dari Sistem Pakar :
  1. User Interface
  2. Knowledge base
  3. Interface Engine
  4. Developmetn Engine

Model Sistem Pakar :
Model Sistem Pakar

Bagian Utama Sistem Pakar
1. User Interface
User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dalam sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar. 
a. Input sistem pakarUser Interface dirancang untuk mempermudah dialog dua arah antara sistem dan pemakai dengan menampilkan teknik tanya-jawab dan pengisian formulir kemudian muncul bahasa perintah dan menu elektronik dan sistem manajemen database (DBMS) 
b. Output Sistem pakarSistem pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan.Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasan:- Penjelasan atas pertanyaan.- Penjelasan atas penyelesaian masalah
2. Knowledge Base
Knowledge base memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu sama lain dalam urutan yang logis.

3. Interface Engine
bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan knowledge base berdasarkan urutan tertentu.
a. Penalaran MajuPenalaran maju disebut juga Forward Chaining dimana sistem pakar akan menguji apakah setiap kondisi benar dan salah.b. Penalaran MundurPenalaran mundur disebut juga Backward Chaining yaitu pemilihan sesuatu aturan dan menganggapnya sebagai masalah yang harus diselesaikan.
Membandingkan penalaran maju dan penalaran mundur. 
Penalaran mundur bergerak lebih cepat dari penalaran maju karena penalaran mundur tidak harus mempertimbangkan semua aturan dan tidak membuat beberapa putaran melalui perangkat aturan.
Penalaran mundur sangat sesuai jika :

  1. Terdapat variabel sasaran berganda (Multiple Goal Variable)
  2. Terdapat banyak aturan
  3. Semua atau hampir semua aturan tidak harus diuji dalam proses mencapai pemecahan.
4. Development Engine
Komponen utama sistem pakar adalah Development Engine, yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar.
Ada 2 pendekatan dasara dalam penciptaan sistem pakar yakni :
  1. Bahasa Pemrograman
  2. Shell Sistem pakar
Knowledge Engineer
Orang yang bekerja membantu pakar dalam merancang sistem pakar disebut Knowledge Engineer.
Keahlian yang harus dimiliki Knowledge Engineer :
  1. Mengerti bagaimana menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah.
  2. Mampu memahami penjelasan mengenai pengetahuan yang diberikan oleh pakar.

Elemen-elemen sistem pakar
  1. Pengalaman
  2. Orang Ahli (Pakar)
  3. Transfer Pengalaman
  4. Pembuatan Alasan
  5. Pembuatan Simbol
  6. Aturan
  7. Kemampuan untuk menjelaskan
Daya Tarik SisteM Pakar
  1. Menawarkan kesempatan untuk membuat keputusan yang melebihi kemampuan manajer.
  2. Kemampuannya dalam menjelaskan alur penalaran dalam mencapai suatu pemecahan masalah.

Keuntukngan Sistem pakar bagi manajer :
  1. Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
  2. Menerapkan logika yang lebih tinggi
  3. Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
  4. Membuat keputusan yang lebih konsisten
Keuntungan sistem pakar bagi perusahaan :
  1. Kinerja perusahaan yang lebih baik
  2. Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan
Kerugian Sistem Pakar :
  1. Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten
  2. Sistem pakar tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi
Kecerdasan Buatan (Artificial Intellinence / A/I)
Definisi A/I :
Kegiatan memberikan pada mesin (komputer) kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap ceradas.

Sejarah A/I :
AI Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dengan program komputer pertama disebut Logic Theorist (Pembuktian Teorima Kalkulus)
AI sedang diterapkan dibidang bisnis dalam bentuk sistem berbasis pengetahuan (Knowledge basi system), jenis yang paling populer adalah program komputer yang mencoba untuk mewakili pengetahuan aturan yakni aturan praktis (rule of thumb) dan aturan dugaan (rule of good guessung).

Area A/I :

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 8:28 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf