lihat juga

Sunday, December 9, 2012

Misteri Selokan Di Kawah Asteroid Vesta Ditemukan

http://astronesia.blogspot.com/
Kawah di Asteroid Vesta

Astronesia-Pesawat ruang angkasa NASA Dawn berangkat menuju ke asteroid Vesta tiga bulan lalu, mendapatkan sebuah misteri yang menarik: Bagaimana selokan terbentuk di beberapa dinding kawah di asteroid Vesta?

Gambar yang diambil oleh Dawn menunjukkan dua jenis saluran sempit pada Vesta. Saluran lurus mungkin terbentuk oleh bahan kering mirip seperti pasir yang bergeser,  - fenomena ini juga terlihat di bulan.

Tetapi ada saluran lain yang membelok dan berakhir pada deposit yang berbentuk kuping.Di Bumi, fitur serupa, terlihat di tempat-tempat seperti Meteor Crater di Arizona,yang telah diukir oleh air yang mengalir.

Selokan melengkung juga telah ditemukan di Mars, meskipun para ilmuwan masih memperdebatkan bagaimana mereka terbentuk.Penemuan selokan berliku-liku di Vesta merupakan kejutan, kata para ilmuwan dalam konferensi American Geophysical Union di San Francisco minggu ini.

"Kita perlu menganalisis selokan Vesta dengan sangat hati-hati sebelum definitif menentukan sumber mereka," kata pemimpin ilmuwan Dawn Christopher Russell, di University of California, Los Angeles, dalam sebuah pernyataan.

"Parit berliku-liku yang panjang, sempit, dan melengkung. Mereka cenderung memulai dari bentuk V,di  daerah runtuh digambarkan sebagai 'ceruk' dan bergabung dengan parit lainnya," tulis NASA dalam sebuah laporan yang diposting di situsnya.

"Para ilmuwan berpikir proses yang berbeda membentuk dua jenis selokan dan telah melihat gambar Bumi, Mars, dan tubuh kecil lainnya untuk petunjuk," kata NASA.

Sumber : Discovery

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 9:25 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf