lihat juga

Wednesday, December 26, 2012

Mengamati Panorama Kawah Mars Lebih Dekat

http://astronesia.blogspot.com/


Astronesia-Badan antariksa asal Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) menggunakan observasi Mars Global Surveyor (MGS) untuk mengabadikan foto kawah Mars beresolusi tinggi. Bidikan kamera satelit MGS ini mampu memperlihatkan detail gambar kawah Mars.

Seperti yang dilaporkan Redorbit, Rabu (26/12/2012), gambar resolusi tinggi (1,5 meter/5 kaki per pixel) ini menunjukkan kawah Mars yang muncul akibat hantaman meteor. Gambar kawah tersebut juga menampilkan detail endapan yang ada di permukaan Mars.

Kawah "Lonely Martian" ini bukanlah kawah paling besar yang ada di Mars. Kawah tersebut terletak di dekat kawah besar, Newcomb, di sebelah utara Noachis Terra.

Wikipedia menerangkan, Mars merupakan planet tetangga Bumi dan merupakan planet terdekat keempat dari Matahari. Konon, nama Mars diambil dari dewa perang Romawi dan sering dijuluki sebagai planet merah.

Warna planet yang kemerah-merahan ini disebabkan oleh kandungan besi oksida yang ada di permukaan Mars. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun dan lapisan es.

Lingkungan Mars kabarnya lebih bersahabat dibandingkan kondisi planet Venus. Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos.

Mars mengorbit (mengelilingi Matahari) selama 687 hari. Planet ini juga berotasi hampir serupa dengan waktu rotasi di Bumi, yakni 25,62 jam.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 3:21 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf