lihat juga

Thursday, December 20, 2012

Isu Bumi Gelap 23-25 Desember Tidak Berdasar

http://astronesia.blogspot.com/

Astronesia-Rumor yang santer dibicarakan jika pada 23-25 Desember 2012 bumi akan mengamali Blackout/penggelapan, dinilai tidak berdasar. Ini dikarenakan sepanjang sejarah bumi belum pernah terjadi delapan planet termasuk bumi berada pada posisi sejajar/segaris dengan matahari. 

"Belum pernah terjadi delapan planet di sistim tata surya posisinya sejajar. Dan kalaupun sejajar tidak akan berdampak kepada terjadinya Blackout," terang Peneliti Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Evan Irawan Akbar, di Kamis (20/12/2012).
 
Menurutnya, proses sejajarnya planet pernah hampir terjadi pada 1962 dan Mei 2000. Namun itupun hanya hampir terjadi kepada lima planet yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan Jupiter.

Sulitnya kesejajaran itu terwujud karena kecepatan masing-masing planet berbeda-beda. Sehingga butuh waktu triliunan-triliunan tahun untuk sampai tiba pada kondisi dimana delapan planet bisa sejajar. 

"Jika itu terjadi maka dampaknya hanya akan terjadi pada kekuatan gravitasi di bumi, bukan kepada gelapnya alam semestas," sambungnya.

Ditambahkannya, NASA secara jelas sudah mengeluarkan pernyataan jika isu 23-25 Desember 2012 bumi akan gelap tidak betul. Bahkan bumi akan aman untuk kurun waktu 4 miliar tahun ke depan.

Sehingga sejajarnya alam semesta tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sepanjang 2013 tidak ada tanda gejala alam yang mengancam bumi. Siklus tahunan rutin seperti dua kali gerhana bulan dan 10 kali hujan meteor akan terjadi seperti di 2012. 

"Kalaupun ada yang berbeda adalah melintasnya komet terang di akhir 2013 dan melintasnya asteroid pada Februari 2013. Namun asteroid itu tidak akan menabrak bumi karena lintasannya berjarak 3,5 kali bumi-bulan," pungkasnya.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 4:42 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf