lihat juga

Monday, December 24, 2012

Ilmuwan Observasi Penampakan Komet Akhir Tahun

http://astronesia.blogspot.com/
Comet Lovejoy

Astronesia-Ilmuwan mengatakan bahwa di akhir tahun, umumnya di Desember akan terdapat penampakan komet atau yang biasa dikenal dengan "bintang berekor". Ketinggian komet yang pernah ditemukan ini berjarak sekira 240 mil di atas Bumi.

Dilansir Nbcnews, Selasa (25/12/2012), seperti yang terlihat di tahun lalu, astronot National Aeronautics and Space Administration (NASA), Dan Burbank menemukan komet yang paling menakjubkan yang pernah ia lihat. Dijuluki Comet Lovejoy, benda luar angkasa ini melesat cepat dan memunculkan ekor yang terdiri dari gas serta debu.

Burbank menyaksikan penampakan komet itu dari International Space Station dan sebagian lainnya juga dapat melihat komet itu dari pengamatan di Bumi. Komet tersebut juga dinamakan "Great Christmas Comet of 2011" dan "Star of Wonder".

Komet Lovejoy melintasi langit di bagian Bumi Selatan dan tak dapat terlihat di bagian Bumi Utara. Kendati demikian, ilmuwan mengatakan di akhir tahun depan, ada kesempatan untuk dapat menyaksikan komet tersebut di bagian Bumi Utara.

Komet yang dapat terlihat di bagian Bumi Utara ini diberi kode nama komet C/2012 S1 (ISON). Kabarnya, komet ini akan bergerak menuju sistem Tata Surya di November dan Desember 2013. Para astronom saat ini masih melakukan observasi benda luar angkasa tersebut.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 7:44 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf