lihat juga

Friday, December 7, 2012

Foto Gunung di Mars Tampak Penuh Es


http://astronesia.blogspot.com/
Charitum Montes di Mars
Astronesia-Sebuah pesawat antariksa Eropa yang mengorbit di Mars sukses memotret sederet pegunungan di permukaan Planet Merah tersebut. Pengunungan yang berada di dataran tinggi bagian selatan itu tampak seolah sedang berada di musim salju.

Dilansir dari Live Science, Jumat (7/12/2012), foto tersebut diperoleh melalui kamera stereo resolusi tinggi di dalam Mars Express milik European Space Agency (ESA). Foto tersebut tampak seolah sedang musim salju karena lembah dan dasar kawah tertutup dengan karbondioksida beku.

Foto tersebut menampilkan bagian dari Charitum Montes yang merupakan sekelompok pegunungan terjal dengan bentang hampir mencapai 1.000 kilometer. Letaknya di wilayah paling selatan bekas terjadinya tubrukan Argyre.

Selain itu juga tampak bahwa wilayah pegunungan tersebut tampak bopeng karena banyak terdapat kawah besar yang telah terisi dengan endapan tebal.

Misalnya, kawah berukuran 50 kilometer yang mendomisasi foto itu tampak telah berisi tanah Mars. Sementara kawah kecil yang ada di dekatnya dan telah memiliki beberapa cabang, tampak telah sepenuhnya terisi.

Foto dari Mars Express itu juga menunjukkan beberapa kawah alas yang lebih kecil. Kawah itu tercipta ketika material yang terlepas dari tubrukan membentuk fitur yang lebih tinggi ketimbang sekelilingnya.

Sumber: Okezone.com

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 2:34 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf