lihat juga

Thursday, November 8, 2012

Pantangan Asam Urat dan Cara Penanganannya

Asam Urat adalah suatu jenis penyakit berupa terasa ngilunya persendian dan pada umumnya di derita oleh orang dewasa laki-laki maupun perempuan. Penderita pada umumnya merasa tidak nyaman dan sangat menggangu aktifitas sehari-harinya. Asam urat disebabkan oleh suatu zat yang bernama zat purin. Jika jumlah zat purin melebihi batas normal tubuh maka akan menimbulkan sebuah penyakit bernama asam urat. Oleh karena itu penderita asam urat harus pantang dan menghindari mengkonsumsi makanan yang menganung zat purin ini.

Cara Penanganan yang benar dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Jika penyakit anda tak kunjung membaik segera minta petunjuk dokter. Penyakit ini sebenernya sangat mudah untuk disembuhkan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk penderita asam urat yaitu sebagai berikut :

1. Makanan Laut (Sea food) seperti cumi, udang, kepiting, dan sebagainya.
2. Makanan jeroan seperti hati, babat dan usus.
3. Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, kaldu daging dan sebagainya.
4. Buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, dan nanas.
5. Minuman beralkohol seperti bir, wisky, anggur, tape, dan sebagainya
6. Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, kangkung, tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, dan jamur-jamuran.
7. Jenis makanan gorengan.

Bagi penderita asam urat sangat di anjurkan melakukan diet asam urat yaitu membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti di atas. konsumsikan kalori secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.Selain itu penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, bertujuan untuk membantu mengeluarkan asam lewat urine dan mencegah pengumpulan zat asam urat DI ginjal.







ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 6:57 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf