lihat juga

Thursday, November 29, 2012

Khasiat buah Sirsak untuk Kesehatan

Khasiat buah Sirsak untuk Kesehatan - Buah sirsak adalah buah berwarna hijau dengan beberapa duri kecil di sekitarnya. Tumbuhan ini sebenarnya bukan tumbuhan asli dari Indonesia melainkan berasal dari Amerika yaitu di sekitar hutan Amazon. Asal mulanya adalah pada zaman kolonial banyak dari mereka yang membawa buah sirsak ke tanah air. Karena iklim di Indonesia cocok untuk pertumbuhan buah sirsak jadi buah ini bisa tumbuh subur dan banyak kita temukan di beberapa tempat.

Buah sirsak memiliki berbagai macam khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan seperti alergi dan gatal-gatal sampai penyakit berat seperti kanker dan tumor. Kandungan senyawa sitotoksik yaitu acetogenins. Acetogenins berfungsi menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor. Senyawa ini diklaim mampu mengatasi kanker 10.000 kali lebih baik daripada metode kemoterapi.

Berikut adalah beberapa Khasiat lain dari Buah sirsak untuk kesehatan :

1. Daya tahan tubuh
Buah sirsak mengandung beragam vitamin yaitu vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin ini berfungsi sebagai zat antioksidan bagi tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Melancarkan saluran pencernaan.
Kandungan serat dalam yang cukup tinggi dalam buah sirsak dapat membantu melancarkan fungsi saluran pencernaan.

3. Mengobati demam, batuk, dan rematik
Orang-orang suku di Amazon telah lama memanfaatkan tumbuhan buah ini sebagi obat penyembuh beberapa penyakit. Selain buahnya daun sirsak juga bermanfaat mengobati berbagai penyakt seperti demam, batuk, dan rematik. Daun sirsak mengandung senyawa annocatilin, annohexocin, annonacin, dan annomiricin.

4.  Menjadikan awet muda
Buah sirsak mengandung vitamin yang dapat memperlamabat proses penuaan.

5. Mengobati Asma dan Diabetes.
Orang-orang suku Haiti sudah lama memanfaatkan tumbuhan ini sebagai obat alami dainatanya adalah asma dan diabetes. Dilakukan dengan merebus terlebih dahulu kulit dari batang sirsak kemudian di konsumsi sebagai obat. Didalamnya mengandung senyawa. tanin, fitosterol, caoksalat, murisine, dan alkaloid.

Demikian beberapa khasiat yang terkandung dalam buah sirsak untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

ads

Ditulis Oleh : gdfysx Hari: 10:36 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

surf